Artikel Muslimah
Membentengi Diri dari Sihir

Membentengi Diri dari Sihir
Rasulullah saw. pun banyak memberi penjelasan tentang sihir, termasuk sihir yang bisa mencerai beraikan suami istri. Bahkan, kalau kita membaca sirah, Rasulullah saw. pernah disihir oleh orang-orang Yahudi di Madinah.

Assalamu’alaikumwwb. Teteh, saya mau tanya. Apa yang harus kita lakukan apabila kita terkena guna-guna (sihir) yang dikirimkan orang lain.
(Widia)
Jawab:
Wa’alaikumussalamwwb. Sihir dalam segala bentuknya, semisal pelet, guna-guna, tenung, atau lainnya adalah sesuatu yang nyata. Al-Quran sendiri mengungkapkan hal ini dalam sejumlah ayat, semisal dalam ayat-ayat yang berbicara tentang Harut dan Marut atau dalam kisahnya Nabi Sulaiman as.
Rasulullah saw. pun banyak memberi penjelasan tentang sihir, termasuk sihir yang bisa mencerai beraikan suami istri. Bahkan, kalau kita membaca sirah, Rasulullah saw. pernah disihir oleh orang-orang Yahudi di Madinah.
Namun demikian, sebagai orang beriman yang punya Allah dan Rasulullah, kita jangan takut kepada sihir, apapun bentuk atau jenisnya. Allah Ta’ala telah memberikan jaminan, “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.”(QS. an-Nahl [16]:99-100)
Maka, saran Teteh agar kita terjaga dari sihir, adalah:

  • Perbanyak ibadah, khususnya shalat, sesungguhnya setan yang bekerja sama dengan manusia (dukun atau para pendengki) tidak akan bisa mencelakakan seorang hamba yang ikhlas tanpa izin Allah Ta’ala.
  • Bentengi diri dengan doa-doa dan ta’awwudz (yaitu ucapan a’ûdzubillâhiminasysyaithânirrajîm) serta zikir-zikir yang disyariatkan, seperti zikir pagi dan sore, zikir-zikir setelah shalat fardhu, zikir sebelum dan sesudah bangun tidur, doa ketika masuk dan keluar rumah, doa ketika naik kendaraan, doa ketika masuk dan keluar masjid, doa ketika masuk dan keluar kamar mandi, doa ketika melihat orang yang mandapat musibah, serta zikir-zikir lainnya. Pastikan lisan kita basah dengan zikrullah.
  • Memperbanyak tilawah Al-Quran dan menjadikannya sebagai zikir harian. Rasulullah saw. pernah bersabda, “Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.” (HR Muslim)
  • Jauhi aneka kemaksiatan dan kemusyrikan, termasuk pula menjauhi benda-benda yang dapat menghalangi hadirnya malaikat di tempat kita, semisal patung, jimat, lukisan-lukisan, simbol-simbol agama lain, dan sebagainya.
Kita pun bisa melakukan rukyah syar’iyah, baik secara mandiri atau meminta bantuan pada ustadz yang tepercaya. Prosesi rukyah biasanya akan mempermudah proses penyembuhan dan pemulihan diri dari pengaruh sihir.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Artikel Muslimah Lainnya
Membanding-bandingkan Anak
Membanding-bandingkan Anak
30
Pertama, pastikan kita tidak menjadi antipati terhadap orangtua atas sikapnya kepada cucunya. Apa yang beliau lakukan adalah tanda sayang kepada cucunya. Beliau ingin melihat anak kita pintar dan berprestasi. Hanya saja, caranya kurang tepat.