Artikel Muslimah
Kunci Perubahan

Kunci Perubahan
Kedua, mulai dari hal-hal kecil dan sederhana, artinya ladang amal yang kita lihat ada disekeliling kita, segera lakukan. Insya Allah bila diniatkan dengan ikhlas, niscaya Allah akan menolong.

Sahabat Muslimah, bila melihat dunia global saat ini, amat banyak permasalahan ummat yang hingga sekarang belum terselesaikan. Mulai dari kemiskinan, bencana, pendidikan, dan segudang masalah lainnya. Lalu apa yang bisa kita perbuat? Tentu ada yang bisa kita lakukan, meski memang tidak bisa sekaligus. Namun kita dapat memulainya dengan kunci perubahan, yaitu 3M. Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai dari saat ini.
 
Pertama, mulai dari diri sendiri, berarti bagaimana upaya kita menjadi pribadi yang memiliki kekuatan iman. Caranya adalah kita harus mengetahui ilmu mengenal Allah. Lalu amalkan ilmu yang didapatkan. Mulai dari ilmu tauhiid yang berkaitan dengan keyakinan, atau ilmu fiqh (syariat) seperti sholat yang dicontohkan Rasulullah saw. Belajarlah melakukannya dari diri sendiri dengan seoptimal mungkin. Lalu, pelan-pelan ajaklah keluarga dan lingkungan terdekat.
 
Kedua, mulai dari hal-hal kecil dan sederhana, artinya ladang amal yang kita lihat ada disekeliling kita, segera lakukan. Insya Allah bila diniatkan dengan ikhlas, niscaya Allah akan menolong.
 
Yang ketiga, lakukan mulai saat ini, jangan pernah ditunda. Misalnya mengajak tetangga ke pengajian masjid. Boleh jadi awalnya mereka tidak mau ikut. Justru disinilah perjuangan kita. Jika berniat melangkah karena Allah, pasti akan dicatat sebagai amal baik. Dan Sahabat Muslimah, sebenarnya inilah proses awal menuju kesuksesan. Bila kita berkaca kepada hidup orang sukses, justru kegagalan adalah awal dari kesuksesan mereka. Maka, kesulitan tersebut dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk perjuangan.
 
Selain itu, Sahabat Muslimah, beberapa minggu terakhir kita banyak mendengar kabar duka mengenai Palestina. Mestinya kejadian memilukan itu dapat menjadi pelajaran dan mengukur sejauh mana empati kita kepada sesama. Minimal kita mendoakannya, serta membantu dari sisi harta. Harapannya juga, doa yang dilantunkan adalah doa yang sungguh-sungguh memohon kepada Allah. Seperti saat kita memohon untuk diri sendiri dan keluarga kita. Tidak sekadar doa basa-basi.
 
Empati juga hendaknya tidak hanya kepada Muslim Palestina, namun juga kepada saudara yang ada didepan mata, dan orang yang terdekat dengan kita. Sekuat tenaga bantulah orang yang datang minta bantuan ke kita. Minimal mendoakannya, dan maksimal tentu membantu berupa pemikiran atau harta. Jangan sampai kita cuek (tidak peduli), atau tidak acuh dengan saudara seiman yang membutuhkan perhatian dan bantuan. Justru mereka yang terdekat inilah yang nyata, disekitar kita.
 
Jadi, perubahan 3M memang dapat diaplikasikan dalam semua hal dan situasi. Untuk mengatasi masalah sendiri dan ummat, serta ladang empati. Semoga kita semua digolongkan menjadi hamba-Nya yang senantiasa berubah lebih baik dari hari ke hari. Amiin...
 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Artikel Muslimah Lainnya
Bersahabat, Kita Ke Surga
Bersahabat, Kita Ke Surga
18
Menurut islam, sahabat yang baik senantiasa membantu temannya untuk tetap menjaga iman dan ketaatannya kepada Allah SWT. Ia juga akan melarangnya melakukan dosa-dosa besar, membantu mempertebal keimanannya,
Galeri
DR. Zakir Naik dan Aa Gym sedang berdialog

Dialog antara Aa Gym dengan Dr. Zakir Naik selepas Shol

Dari Kecil Mencintai NKRI

Belajar mengajak anak bergabung dalam event besar, agar

Antri Toilet

Jamaah rapi berbaris antri untuk menggunakan toilet por