Cerita Santri
Daya Ungkit Kebaikan

Daya Ungkit Kebaikan
Dalam meraih kesuksesan, sebagian besar kita hanya mengandalkan ketangkasan, kecerdasan atau dengan kerja keras. Kita lupa, bahwa ketangkasan dan kecerdasan yang kita miliki itu sangat terbatas.

Setiap kita pasti memiliki impian dalam hidupnya. Dan kita akan lebih mudah meraih impian itu bila kita mampu menemukan daya ungkit dalam hidup ini. Newton berkata, "Tak perlu jadi raksasa untuk bisa melihat dari tempat tinggi. Cukup jadi manusia biasa yang berdiri di pundak raksasa."
 
Dahsyat, itulah kekuatan sebuah daya ungkit. Dan saya pun mencoba untuk terus memahami dan mendalami, ternyata ada yang terlewat atau sering terlupakan dalam pencarian daya ungkit itu. Itulah daya ungkit kebaikan. Melalui lisannya yang mulia, Nabi kita tercinta, Muhammad SAW, bersabda : Dari Abu Hurairah ra, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allah akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. ( HR. Muslim )
 
Dalam konteks hadits diatas, sedikitnya ada dua pesan yang ingin di sampaikan. Pertama, bahwa kita sangat dianjurkan untuk senantiasa menolong atau membantu orang yang membutuhkan dalam urusan kebaikan. Kedua, bahwa rahasia sebuah kesuksesan dalam hidup akan lebih mudah di raih hanya dengan memperbanyak melakukan kebaikan. Karena menolong adalah sebuah aktivitas kebaikan yang akan mampu menjadi daya ungkit kesuksesan kita.
 
Dalam meraih kesuksesan, sebagian besar kita hanya mengandalkan ketangkasan, kecerdasan atau dengan kerja keras. Kita lupa, bahwa ketangkasan dan kecerdasan yang kita miliki itu sangat terbatas. Begitu juga dengan kerja keras, sehebat apapun kerja keras yang kita lakukan belum bisa menjadi jaminan kita akan meraih kesuksesan.
 
Sungguh, tiada kesuksesan yang kita raih, impian kita yang terwujud, melainkan semua atas izin dan pertolongan Allah SWT. Jadi, jangan pernah melupakan faktor Allah dalam meraih impian dan kesuksesan kita. Lalu, sekarang apa yang harus kita lakukan agar Allah menolong kita? Agar impian segera terwujud? Agar kita meraih kesuksesan? Maka, ikhtiar yang harus kita lakukan adalah dengan meningkatkan daya ungkit kebaikan. Kita harus mengerjakan sebanyak mungkin kebaikan dan seluas mungkin dalam menebarkan kebaikan.
 
 
 
Ketangkasan dan kecerdasan yang kita miliki serta kerja keras yang kita lakukan perlu di imbangi dengan melakukan kebaikan demi kebaikan, itulah kunci dari sebuah kesuksesan. Ingat, logika manusia tidak akan mampu menafsirkan kekuasaan dan kebesaran Allah. Bahwa kebahagiaan akan kita raih manakala kita mampu membahagiakan orang lain, pertolongan Allah akan lebih cepat hadir bila kita menolong saudara kita terlebih dahulu. Itu janji Allah, dan Allah selalu menepati janji-Nya. Percaya dan yakinlah!
 
Spirit melakukan daya ungkit kebaikan ini pun telah banyak diwujudkan, menebarkan kebaikan dan berbagi kebahagiaan kepada saudara kita di pelosok Indonesia. Merajut indahnya persaudaraan iman dan mengukir kembali senyum saudara kita yang menderita nan jauh di sana, di Palestina, Suriah, Rohingya bahkan hingga ke Somalia.
 
Semangat Anda dalam menebar kebaikan, sekuat tenaga telah diwujudkan oleh DPU Daarut Tauhiid, karena kepercayaan Anda merupakan amanah bagi kami, walau mereka ada di pelosok desa, walau mereka berbeda benua, tapi mereka saudara kita juga. Dan yakinlah, dengan melakukan daya ungkit kebaikan berarti kita sedang "mencuri perhatian" Allah. Kita sedang menarik sebuah kekuatan yang Maha Dahsyat, yaitu kekuatan Allah SWT. Sungguh, Allah Maka Kuasa dan sebaik-baik penolong. Bila kita sudah mengetahui rumus ini, insyaa Allah kita akan semakin mudah untuk meraih kesuksesan. Selamat melakukan daya ungkit kebaikan.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Cerita Santri Lainnya
Sedekah Is Good
Sedekah Is Good
20
Kita tidak tahu akan ada kesulitan seperti apa yang akan menimpa kita. Tapi jika kita senang melakukan kebaikan, itulah yang akan kembali kepada kita.