Cerita Santri
Menambah Penghasilan

Menambah Penghasilan
Jika anda mempunyai masalah untuk mendapatkan ide atau peluang, lebih baik cari rekan dan duduk bersama, ambil kertas kosong dan catatkan semua ide yang difikirkan..

Ada benarnya juga dengan Berhemat adalah salah satu usaha yang dapat menambah pendapatan kita akan tetapi bagai manapun juga dengan usaha tambahan itulah penghasilan dapat bertambah. Usaha menambah penghasilan tampak sukar, tetapi jika kita mau mencoba ia tidaklah begitu sukar.

Tugas pertama jika kita mau mencari sumber untuk meningkatkan penghasilan ialah mengenali dengan tepat apakah yang kita sukai dan kita dapat melakukan perkara tersebut dengan baik.

Setiap orang mempunyai keahlian, biasanya mereka mempunyai satu atau dua keahlian utama dan  beberapa (bakat) kecil. Keahlian melahirkan bakat ini sangat penting untuk memperoleh kegembiraan dan kebahagiaan anda.

Jika kita mampu melahirkan keahlian tersebut di bidang keusahawanan, sudah tentu ia bisa mendatangkan keuntungan yang sangat lumayan. Contohnya jika kita  bagus menggunakan tangan, coba kita fikirkan untuk membuat kerja sampingan untuk memperbaiki sesuatu.

Kita juga bisa melakukan kerja plumbing atau yang berkaitan dengan pipa, jam, radio atau computer. Sekiranya anda minat berkebun, coba manfaatkan hobi ini dengan menawarkan jasa kepada orang lain, seperti membuat taman, menjual sayur-sayuran kepada orang lain, buah-buahan, benih dan sebagainya.

Seandainya anda suka berbicara dan berjumpa dengan banyak orang, anda mungkin bisa menjual sesuatu. Anda bisa melibatkan diri dalam jualan langsung, atau mengajar, atau menjual asuransi. Jika anda memiliki sesuatu keahlian, anda bisa mengajarkannya kepada orang lain, apakah secara bebas atau secara formal.

Anda hanya akan bisa sukses jika anda melakukan kerja-kerja yang anda suka, yang mana ia menggunakan bakat anda dan bisa menyalurkannya kearah yang menguntungkan. Banyak orang yang berfikir hanya sebagian industri saja yang menguntungkan, padahal anda sebenarnya bisa sukses walau dalam bidang apapun. Ini sudah dibuktikan oleh jutawan-jutawan yang telah mengalaminya.

Jika anda mempunyai masalah untuk mendapatkan ide atau peluang, lebih baik cari  rekan dan duduk bersama, ambil kertas kosong dan catatkan semua ide yang difikirkan..

Jangan dikritik semua ide yang diberikan, setelah itu barulah ide itu disaring dan dikaji serta dianalisis sehingga dapat diwujudkan satu penyelesaian. Tidak peduli berapa lama  waktu yang di butuhkan, mungkin satu atau dua hari, seminggu atau sebulan , asalkan  ia tidak dipendam begitu saja. Hal ini biasa berlaku, karena apabila kita ada ide tetapi tidak membuat tindakan apa-apa, akhirnya setelah bertahun-tahun kita tetap berada diposisi yang lama.

Atau kita juga bisa melakukannya seorang diri, cari tempat yang sepi atau bangun pagi-pagi solat subuh, setelah itu kita jangan tidur lagi. Lupakan masalah sehari –hari dan tenangkan fikiran, atau lebih baik kita bangun malam ditengah keheningan untuk melaksanakan  salat tahajud, biasanya disaat itulah cara berfikir kita fres. Insya Allah ibadah yang demikian itu akan memudahkan untuk mendapat ide-ide yang cemerlang.

Demikianlah mengenai rahasia mencari penghasilan tambahan, adalah satu usaha yang terpadu atau bergabung. Satu usaha akan menguatkan usaha yang lain. Walaupun demikian tetap saja Perkara-perkara diatas perlu didukung dengan ketentuan yang telah diatur oleh agama islam seperti berdoa, sedekah, zakat, menolong orang dan lain sebagainya.

Hal ini sangat perlu karena setiap kebaikkan akan dibalas dengan kebaikan dan semua usaha hanyalah datang dengan berkat dan rahmat dari Allah SWT. Dan tak lupa tawakkal, proses terakhir setelah kita meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar karena sebagai umat muslim kita harus senantiasa ridha dan mengkaji setiap kebaikan dan keburukan. Mudah-mudahan Allah akan memberi rezeki yang melimpah kepada kita. Aamiin






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Cerita Santri Lainnya
Kasih Sayang Ibu
Kasih Sayang Ibu
12
Namun mari kita kembali memaknai ulang inti dari “membesarkan” anak. Anak-anak tidak hanya sekadar membutuhkan fasilitas saja, namun yang jauh lebih penting adalah perhatian kita, kasih sayang ibunya!