Cerita Santri
Zakat untuk Mencerdaskan

Zakat untuk Mencerdaskan
Mengapa DPU Daarut Tauhiid memberikan beasiswa kepada yang tidak mampu? Karena dana yang kita gunakan adalah dana zakat, infak dan sedekah. Lalu, mengapa yang dipilih adalah anak-anak tidak mampu dan memiliki prestasi?

 
Kondisi masyarakat Indonesia saat ini, banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Selain kondisi ekonomi mereka yang buruk, tingkat pendidikannya juga rendah. Maka, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid berusaha membantu mengentaskan masalah tersebut. Tidak hanya membantu dari sisi ekonomi, tetapi yang lebih utama membantu dari sisi pendidikan.
 
Salah satu hal yang membuat orang tidak berdaya atau lemah itu, tidak hanya dari sisi ekonomi saja, tetapi juga dari pendidikannya yang kurang. Maka, bisa jadi ketika seseorang memiliki ekonomi yang kuat, tapi tidak memiliki ilmu yang cukup, maka dia akan jatuh miskin menjadi mustahik.
 
Hal itulah yang membuat dana zakat di DPU Daarut Tauhiid, sebagiannya dianggarkan untuk program beasiswa. Karena dengan pendidikan yang tinggi, kami yakin yang tadinya tidak bisa berbuat apa-apa, kehidupannya akan menjadi lebih baik.
 
Mengapa DPU Daarut Tauhiid memberikan beasiswa kepada yang tidak mampu? Karena dana yang kita gunakan adalah dana zakat, infak dan sedekah. Lalu, mengapa yang dipilih adalah anak-anak tidak mampu dan memiliki prestasi? Karena ketika kita menolong, kita juga harus selektif.
 
Program beasiswa pendidikan ini merupakan program unggulan di DPU Daarut Tauhiid. Ini karena kami meyakini, ketika seseorang dibekali ilmu pengetahuan dan pendidikan yang baik, maka proses perubahan dari mustahik menjadi muzakki bisa lebih cepat.
 
Apalagi warisan ilmu adalah warisan yang jauh lebih berharga dari harta. Artinya, dengan ilmu yang cukup, kami yakin berdampak pada ekonomi, kesehatan, dan semua aspek kehidupannya. Alhamdulillah, ribuan penerima beasiswa dari DPU Daarut Tauhiid saat ini sudah banyak yang sukses.
 
Anak-anak yang menerima beasiswa dari DPU Daarut Tauhiid, tidak hanya dididik agar cerdas dari sisi akademik, tetapi juga dari sisi agama. Harapannya, mereka menjadi generasi berkarakter Baik & Kuat (BAKU) dan berakhlak mulia. Bahkan ada juga yang menjadi hafiz dan hafizah (penghafal al-Quran).
 
Jadi, salah satu faktor penunjang untuk memberdayakan mustahik adalah dengan memberikan mereka pendididkan. Ada pun DPU Daarut Tauhiid telah memberikan beasiswa pendidikan formal seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi. Sedangkan untuk pendidikan non formal, DPU memberikan pelatihan-pelatihan. Seperti pelatihan pengurusan jenazah, balai kreatif, dan kewirausahaan.
 
Semoga beasiswa pendidikan yang kami berikan dapat membantu mustahik keluar dari bawah garis kemiskinan. Menjemput masa depan gemilang. Hidup sejahtera, selamat dunia dan akhirat.

foto: DPU DT






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Cerita Santri Lainnya
Tujuh Tips Membuat Rumah Bersih dan Rapi
Tujuh Tips Membuat Rumah Bersih dan Rapi
16
Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar rumah tetap bersih dan rapi. Semoga tips dar A Deda ini bermanfaat dan semoga dapat bernilai ibadah.