Inspirasi
Cerdas Menjaga Kesehatan Gigi

Cerdas Menjaga Kesehatan Gigi
Saat memasuki rumah. “Aku bertanya pada Aisyah, ‘Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika mulai memasuki rumah beliau?’ Aisyah menjawab, ‘Bersiwak.’” (HR. Muslim).

Menurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90% penduduk sebuah negara memiliki gigi berlubang. Adapun gigi berlubang adalah “investasi untuk penyakit-penyakit kronis,” jelas Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS.
 
Lalu, bagaimana menjaga agar gigi tidak berlubang/rusak? Untuk menjaga gigi tetap sehat, beberapa hal—yang kadang terdengar remeh—ini perlu dilakukan. Berikut tips bagaimana merawat gigi agar selalu sehat:
 
1.    Rutin menggosok gisi atau bersiwak. “Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridai oleh Allah.” (Sahih, HR. an-Nasa’i, Ahmad, dll).
 
Disunahkan gosok gigi pada saat:

  • Berwudhu. “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan salat.” (HR. Bukhari).
  • Hendak melaksanakan salat.
  • Saat memasuki rumah. “Aku bertanya pada Aisyah, ‘Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika mulai memasuki rumah beliau?’ Aisyah menjawab, Bersiwak.’” (HR. Muslim).
  • Saat akan membaca al-Quran.
  • Setelah makan dan sebelum tidur.
 
2.    Gosoklah gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
 
3.    Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
 
4.    Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
 
5.    Berhati-hati menggunakan pemutih gigi.
 
6.    Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut dan segera ganti jika sudah tidak baik.
 
7.    Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
 
8.    Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi, seperti apel, wortel, dan seledri.
 
9.    Batasi minum kopi dan teh, termasuk berhenti merokok.
 
10. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. 
 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Inspirasi Lainnya
Bahtera Nabi Nuh: Wadah Pelindung dan Penyelamat Umat
Bahtera Nabi Nuh: Wadah Pelindung dan Penyelamat Umat
13
Padang pasir yang gersang kini dipenuhi air. Kian lama kian bertambah banyak. Bahtera mulai terangkat. Pertanda azab sudah hadir di depan mata.