Inspirasi
Langkah untuk Bersyukur

Langkah untuk Bersyukur
Setiap kali kita bersyukur, sesuatu yang lebih baik sedang disiapkan untuk kita. Ketika kita mampu bersyukur dalam keadaan susah, kita semakin pantas untuk mendapatkan hal baik tersebut.

“... Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas umat manusia, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukurinya.” (QS. Yunus [10]: 60).
 
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim [14]: 7).
 
Mengakui
Surah an-Nahl [16]: 53
Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan.”
 
Menampakkan
Surah adh-Dhuha [93]: 11
Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).”
 
Yang paling pandai bersyukur kepada Allah adalah orang yang paling pandai bersyukur (berterima kasih) kepada manusia. (HR. ath-Thabrani).
 
MENDEKATKAN
Allah berfirman dalam hadis qudsi-Nya, ‘Wahai anak Adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku, dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!” (HR. Thabrani).
 

  • Apa pun yang engkau berikan kepada orang yang pandai bersyukur, niscaya ia akan tetap berbahagia meskipun yang engkau berikan sesuatu yang jelek.
 
  • Kita telah menerima nikmat jutaan kali, lalu mengapa harus bersedih saat menerima musibah satu kali. Jadilah orang yang pandai bersyukur.
 
  • Kunci dari segala kebahagiaan adalah bersyukur. Jika banyak ia bersyukur, jika sedikit ia juga bersyukur, sehingga tidak ada celah bagi kesedihan.
 
  • Setiap kali kita bersyukur, sesuatu yang lebih baik sedang disiapkan untuk kita. Ketika kita mampu bersyukur dalam keadaan susah, kita semakin pantas untuk mendapatkan hal baik tersebut.
 
  • Seberat apa pun masalahmu, tetap ada alasan kuat untuk selalu bersyukur.
 
  • Jika selama ini Anda selalu dipenuhi oleh kesengsaraan, sepertinya Anda jarang bersyukur. Ini karena orang yang dengan bersyukur selalu mendapat jalan keluar.
 
  • Berdoalah agar dijadikan orang yang pandai bersyukur, karena syukur mampu menjadikanmu bahagia setiap saat.
 
  • Menjalani hari dengan penuh syukur adalah pekerjaan yang paling menguntungkan. Sebab, syukur inilah yang akan mengundang segala nikmat yang ada.
 
  • Saat Anda marah, bisa dipastikan saat itu Anda tidak bersyukur.
 
  • Jika Anda belum merasakan keajaiban, maka bersyukurlah dan teruslah bersyukur. Maka Anda akan melihat hidup Anda membaik bagaikan keajaiban sedang terjadi.
 
Doa Syukur Nikmat
“Yaa Allah... bantulah hamba untuk (senantiasa) mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta memperbaiki (kualitas) ibadahku kepada-Mu.
 
Doa ini Rasulullah saw wasiatkan kepada Muadz bin Jabbal agar senantiasa dibaca setelah salat. (HR. Abu Dawud, dengan sanad shahih-riyadhusshalihin, hal.488).
 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Inspirasi Lainnya
Kreasi Olahan Daging
Kreasi Olahan Daging
13
Mengolah daging untuk menjadi hidangan sederhana tapi istimewa terkadang membingungkan dan tak terpikirkan. Apalagi berinovasi masakan baru dengan bahan daging.