Inspirasi
Coklat yang Bikin Mood

Coklat yang Bikin Mood
Cirinya, akan langsung lumat bila dikonsumsi, dan biasanya digunakan koki hotel untuk menciptakan beragam produk olahan coklat yang lezat dan berkualitas.

Apa ada yang tidak suka coklat? Yakin, hampir semua orang suka coklat!   
 
Di daerah asalnya—hutan tropis Amerika—coklat berasal dari biji kakao, dan pertamakali digunakan dalam peradaban Mesoamerika (900 BC) sebagai mata uang. Seiring berkembangnya peradaban Amerika saat itu, kakao lalu dikonsumsi dalam bentuk minuman.
 
Adapun dalam bentuk coklatnya, pertama kali ditemukan orang Meksiko (Amerika Tengah). Kemudian, sekitar awal tahun 1500-an, Columbus dan Cortez membawanya ke Eropa. Mulanya coklat dikonsumsi sebagai minuman, baru pada tahun 1800-an, dibuatlah olahan coklat padat.
 
Jenis Coklat
Dipasaran sebenarnya memang banyak jenis coklat yang dijual. Namun pada dasarnya coklat dibagi dua jenis, yaitu couverture, jenis coklat berkualitas yang dibuat dari coklat bubuk dan minyak coklat (cocoa butter). Cirinya, akan langsung lumat bila dikonsumsi, dan biasanya digunakan koki hotel untuk menciptakan beragam produk olahan coklat yang lezat dan berkualitas.
 
Jenis kedua, adalah compound, terbuat dari coklat bubuk dan minyak nabati, yang harganya relatif lebih murah. Bila makan coklat jenis ini, harus dikunyah dulu.
 
Jenis lainnya, ada milk chocolate (coklat susu), yaitu campuran coklat cair, vanila, minyak coklat, susu dan gula. Karena lebih manis, jenis ini paling disukai anak-anak. Ada pula white chocolate (coklat putih), dibuat dari campuran minyak coklat, gula, susu dan vanila.
 
Produk Olahan Coklat
Puding, brownies, cake, es krim, atau pelapis adalah produk-produk berbahan coklat. Termasuk minuman coklat yang dapat dikombinasikan dengan beragam minuman lainnya, seperti susu, kopi, dan sebagainya. Bila ingin praktis dan langsung menikmati coklat, Sahabat bisa langsung memakannya. Hmm, jadi tidak sabar ingin makan coklat nih….
 
Adapun jika ingin menghias kue (cake) dengan coklat, perhatikan cara melelehkannya. Pastikan, panci yang akan digunakan mengetim atau melelehkan coklat kering, tanpa air setetes pun. Karena setitik air akan membuat coklat mengental dan tidak bisa cair seperti yang diharapkan. Setelah sukses mencairkan coklat, segera siramkan ke permukaan cake yang sudah rata atau ke dalam cetakan.  
 
Dan satu lagi yang perlu Sahabat ketahui, 70 persen dari jenis coklat adalah dark chocolate (coklat hitam). Menurut penelitian para ahli, jenis coklat inilah yang memiliki sederet khasiat coklat. Salah satunya agar mood (suasana hati) Sahabat tetap ok sepanjang hari!
 
Luar biasa, begitulah Allah menciptakan si coklat ini. Tak hanya lezat, ia pun punya banyak manfaat.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Inspirasi Lainnya
Berinvestasi dan Menabung Tanpa Uang
Berinvestasi dan Menabung Tanpa Uang
22
Cara menabung dengan berternak atau bertani sebenarnya bukan cara baru. Tapi sehubungan saat ini sudah serba dinilai dengan uang, maka cara itu menjadi tidak populer bahkan terlupakan.