Inspirasi
Nikmatnya Ikan Bawal Bakar

Nikmatnya Ikan Bawal Bakar
Kontur tubuh yang tipis menjadikan bawal sangat enak untuk diolah menjadi beraneka masakan. Salah satunya adalah diolah menjadi ikan bakar.

Bawal merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang enak untuk dimakan. Kontur tubuh yang tipis menjadikan bawal sangat enak untuk diolah menjadi beraneka masakan. Salah satunya adalah diolah menjadi ikan bakar.
 
Untuk mengolah bawal menjadi ikan bakar, tidak terlalu sulit. Proses persiapannya pun tidak begitu merepotkan sebagaimana ikan lain seperti mujair atau gurame. Sisik ikan yang halus, memudahkan kita untuk membersihkannya. Cukup dengan menggunakan sikat lantai yang kasar, atau menggunakan sikat pembersih lumut.
 
Kondisi Tidak Bergerak
Hanya ada yang unik dari ikan bawal ini. Daya tahannya sungguh luar biasa. Seringkali dijumpai, ikan bawal masih tetap bergerak meski kepala sudah dipukul menggunakan benda keras, pun ketika seluruh isi perut dikeluarkan. Untuk itu, pastikan dahulu bahwa ikan sudah benar-benar tak bergerak sebelum dimasukkan ke alat masak.
 
Bahkan pernah dijumpai kasus, manakala ikan sudah dalam tempat penggorengan masih ada ikan yang bergerak-gerak. Ini menunjukkan bahwa ikan bawal memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa.
 
Membakar Bawal
Untuk mengolah bawal menjadi ikan bakar, tidak terlalu rumit. Yang penting jangan pernah pelit pada bumbu. Yang perlu diperbanyak adalah kunyit dan jahe, sebab hal ini akan mengurangi rasa amis ikan. Namun sebelum dibakar sebaiknya ikan digoreng dahulu setengah matang. Sebelum digoreng, tentu ikan harus dibersihkan bagian perut. Jangan lupa, membuat sayatan-sayatan tipis di bagian samping ikan. Ini agar ikan juga matang bagian dalamnya.
 
Menggoreng ikan bawal harus menggunakan minyak yang benar-benar panas dan melimpah. Sebab, jika tidak panas, maka tubuh ikan akan hancur dan lembek saat dibakar. Akibatnya, ikan bisa menempel di alat pembakaran dan menghasilkan ikan bakar yang cacat di sana sini.
 
Setelah digoreng setengah matang, barulah ikan diberi bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Bumbu-bumbu jangan hanya dioleskan di bagian luar ikan saja, akan lebih baik jika bumbu juga disisipkan ke dalam rongga ikan yang sudah dibelah. Tujuannya agar bumbu lebih meresap dan gurih hingga ke daging bagian dalam.
 
Setelah memulai proses pembakaran, jangan lupa untuk mengoleskan kecap yang sudah dicampur tumbukan halus bawang putih. Cukup bagian luar ikan saja yang dioles. Hal ini untuk menguatkan aroma harum ikan bakar itu sendiri. Selain itu mencegah ikan agar tidak terlalu gosong sehingga justru menjadi pahit.
 
Tidak Lama
Tak perlu lama membakar, cukup 7-10 menit di atas bara api. Dan jaga jarak ikan yang dibakar dengan api, jangan terlalu dekat jangan pula terlalu jauh. Hal ini untuk menjaga ikan terlalu matang atau juga malah menjadi belum matang. Untuk amannya, bisa menggunakan kotak pembakar sate yang sudah memiliki penyekat.
 
Untuk menyajikan ikan bakar, sebaiknya dihidangkan beserta lalapan yang diantaranya adalah mentimun dan tomat segar. Kedua lalapan tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker yang mungkin masuk ke dalam tubuh dan menempel pada ikan bakar. Lebih bagus pula apabila dengan minum jus alpokat. Sebab jus ini memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti kanker.

sumber foto : http://1001resepmasakan.com






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Inspirasi Lainnya
Mempertahankan Kebiasaan Mulia Pascaramadan
Mempertahankan Kebiasaan Mulia Pascaramadan
12
Mudah-mudahan tulisan ini membantu membangun kebiasaan yang sebaiknya dipertahankan dan disempurnakan pascaramadan