Kajian Aa Gym
CIRI UCAPAN BERKUALITAS

CIRI UCAPAN BERKUALITAS
Rasulullah SAW. Bersabda: Siapa yang mau menjamin untukku sesuatu yang ada di antara dua tulang rahang (mulut) dan sesuatu yang ada di antara dua kaki (kemaluan), maka aku akan menjamin surga baginya.” (HR al-Bukhari).

Rasulullah bersabda: Siapa yang mau menjamin untukku sesuatu yang ada di antara dua tulang rahang (mulut) dan sesuatu yang ada di antara dua kaki (kemaluan), maka aku akan menjamin surga baginya.” (HR al-Bukhari).

Saudaraku, setiap kata-kata yang kita ucapkan pasti dicatat oleh malaikat dan akan dipertanggungjawabkan kelak di pengadilan Alloh Yang Maha Adil. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa apa yang kita ucapkan terpelihara dan jauh dari keburukan dan kesia-siaan. Maka, marilah senantiasa menjaga kualitas ucapan kita agar senantiasa mengucapkan apa yang Alloh ridhoi.
Ciri dari ucapan yang berkualitas tinggi adalah;

Pertama, selalu terkait kepada Alloh Swt. Setiap kata-kata yang diucapkan selalu menjadi bagian dari dzikir kepada Alloh, karena sesungguhnya tiada satupun urusan yang tidak ada hubungannya dengan Alloh. Orang yang ucapannya berkualitas, senantiasa mengendalikan ucapannya agar mengandung kebaikan dan kebenaran. Sedikitpun ia tidak memberikan kesempatan bagi lisannya untuk mengucapkan kata-kata kotor dan sia-sia.

Kedua, menjadi ilmu. Kata-kata yang diucapkan menjadi ilmu baik bagi dirinya sendiri maupun bagi yang mendengarnya. Tidak sedikit orang yang dengan ucapannya malah membodohi dan menyesatkan orang lain. Tidak sedikit pula orang yang dengan ucapannya malah menimbulkan rasa sakit di hati orang lain dan mengakibatkan permusuhan. Ucapan yang berkualitas adalah yang bermanfaat, menjadi ilmu dan mendamaikan siapa saja yang mendengar.

Ketiga, ada hikmah yang terkandung di dalamnya, sehingga hati kita terbuka. Ucapan yang berkualitas itu meskipun yang dibicarakan adalah hal-hal sederhana, peristiwa-peristiwa biasa, namun selalu dikembalikan pada nilai kebaikan dan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Sehingga tetap kembali kepada Alloh Swt. Dengan demikian, ia selalu bisa menangkap hikmah dari hal-hal sederhana yang ada di sekitarnya.

Dan ciri keempat adalah ucapannya menjadi solusi. Tidak jarang orang yang membicarakan suatu masalah, tapi hanya sebatas itulah yang dibicarakan. Ia membicarakan kemalangan yang menimpa orang lain, tapi hanya sebatas itu saja kemudian berlalu. Atau membicarakan masalah sampah di lingkungannya, tapi sebatas itu saja. Sedangkan ucapan yang berkualitas adalah ucapan yang mampu melahirkan jalan keluar, tidak hanya sibuk membicarakan masalahnya.

Maka dari itu, ucapan yang berkualitas adalah yang jika diucapkan membuat iman semakin kuat, membuat ilmu semakin bertambah, membuat hati menjadi tenang, dan membuat amal sholeh sebagai jalan keluar. Semoga kita termasuk orang-orang yang berkualitas dalam ucapan, sehingga ucapan kita menjadi tabungan pahala di akhirat kelak. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.


*Sumber : Fanpage AaGym






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kajian Aa Gym Lainnya
Bersyukur ketika Dikritik
Bersyukur ketika Dikritik
13
Tidak semua orang sanggup untuk jujur kepada dirinya sendiri. Kita memerlukan orang lain, yang membantu syariatnya supaya kita tahu apa kekurangan diri kita, dan untuk diperbaiki.