Kajian Aa Gym
Berniat dan Berdoalah sebelum Membeli Buku

Berniat dan Berdoalah sebelum Membeli Buku
Ada juga di antaranya yang menerangkan bahwa Allah SWT akan memudahkan jalan menuju surga bagi seseorang yang menuntut ilmu.

Keutamaan seorang yang berilmu atas ahli ibadah, seperti keutamaan bulan di malam purnama atas seluruh bintang. Sesungguhnya para ulama adalah pewaris nabi. Dan para nabi tidak mewariskan dinar, tidak pula mewariskan dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, berarti dia telah mengambil keberuntungan yang banyak.” (HR.Abu Dawud [3641], at-Tirmidzi [2682]).
 
Demikianlah salah satu hadis tentang keutamaan menuntut ilmu. Ada juga di antaranya yang menerangkan bahwa Allah SWT akan memudahkan jalan menuju surga bagi seseorang yang menuntut ilmu. Para malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka kepadanya karena rida, dan seorang yang alim akan dimohonkan ampunan oleh semua yang di langit dan di bumi, bahkan sampai ikan hiu yang di dalam air.
 
Ada satu lagi hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, dan disahihkan oleh al-Banni, “Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah adalah sepeti keutamaanku (Rasul) atas seorang yang paling rendah di antara kalian. Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, serta penduduk langit dan bumi, sampai-sampai semut yang ada di lubangnya, dan ikan-ikan, semuanya mendoakan bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.
 
Saudaraku. Siapa yang tidak merindukan kedudukan ini? Allah, para malaikat, penduduk langit hingga ikan dan semut mendoakan orang yang mengajarkan atau mencontohkan kebaikan kepada manusia.
 
Mari kita mengupayakan posisi ini. Karena semut dan ikan belum tentu mendoakan pejabat, orang kaya, jenderal atau pun selebritis. Kecuali mereka yang dengan kekayaan atau posisinya itu juga ikhlas menyebarkan kebaikan.
 
Kita harus menuntut ilmu, karena tidak mungkin kita mengajarkan kebaikan kalau tidak memiliki ilmu. Yntuk itu pula, kita harus membulatkan tekad dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.
 
Kita tidak mungkin bisa mengenal kebenaran jika tidak ditolong oleh Pencipta Kebenaran. Ilmu tidak bisa masuk ke dalam hati, kecuali kita meminta tolong kepada Pencipta setiap hati, dan yang membolak-balik hati. Ilmu bisa membuat kita tergelincir, kalau kita tidak berlindung kepada Allah SWT.
 
Misalkan ketika kita mau membeli buku, maka niatkan dan berdoalah, “Ya Allah, Engkau tahu persis setiap penulis buku. Izinkan saya membaca buku yang ditulis oleh orang yang mengenal-Mu. Yang niat dan ikhtiarnya saat menulis hanya karena-Mu.”
 
Allah tahu setiap penulis. Apa saja niat setiap orang saat menulis pasti diketahui oleh Allah SWT. Seperti ada yang menulis dengan niat agar orang yang membacanya mengenal dan cinta kepada Allah. Tapi ada juga orang yang menulis karena ingin mendapatkan royaltinya, pamer ilmu, atau karena ingin terkenal, dihargai dan dikagumi. Yang begini tidak mau pusing, apakah orang yang membacanya nanti jadi makin saleh atau tidak.
 
Sama halnya dengan ceramah. Allah mengetahui niat seseorang ketika berceramah, dan Ia pasti tahu kebenaran dari setiap kata-katanya. Allah tahu persis apa yang tersembunyi atau alasan di balik mengapa dia berceramah.
 
Apakah dia berceramah karena benar-benar berharap agar orang yang mendengar bisa mengenal Allah dan makin mendekat kepada-Nya. Atau, karena dia ingin memamerkan ilmunya, ingin terkenal, dikagumi, dihargai, dan mengharapkan amplop. Allah pasti tahu.
 
Tetapi ini bukan berarti tidak boleh menerima amplop. Kalau memang ada, itu adalah rezeki. Rasulullah saw juga mengingatkan, jika kita tidak berharap tapi tiba-tiba ada rezeki, maka terimalah karena itu dari Allah. Terserah apakah akan digunakan sendiri, atau disedekahkan. Berbeda dengan yang dari awal sudah berharap.
 
Nah, saudaraku. Mari berniat dan berdoa sebelum membeli buku. Kita bermohon kepada Allah sebelum menuntut ilmu. Dan, jangan dilupakan juga, kalau Allah tahu ilmu apa saja yang sudah kita peroleh, maka amalkanlah. Tidak ada satu pun yang lepas dari pengetahuan Allah. Takdir saudara membaca tulisan ini pun Allah yang mengatur.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kajian Aa Gym Lainnya
Jangan Lebay dalam Hidup ini!
Jangan Lebay dalam Hidup ini!
12
Sungguh percuma berharap pada makhluk. Jika Dia tidak mengizinkan, maka apa yang diharapkan tak akan pernah datang dalam bentuk apapun.