Kajian Assatidzah DT Jakarta
Ini Dia Nama-nama Surga

Ini Dia Nama-nama Surga
SURGA merupakan suatu tempat yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang selalu bertaqwa.

SURGA merupakan suatu tempat yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang selalu bertaqwa. Dijanjikan Allah SWT karena sejatinya manusia diciptakan untuk beribadah, dan melalui ibadah itulah salah satu tujuannya adalah memperoleh syurga Allah. Namun tak ada satupun yang tahu bagaimana dan seperti apa syurga itu, Allah SWT hanya menggambarkan ciri-ciri melalui firman-Nya dalam al-quran. Dan berikut merupakan macam-macam syurga :


Surga Firdaus
Surga yang diciptakan dari emas yang merah dan diperuntukan bagi orang yang khusyuk sholatnya. menjauhkan diri dari perbuataan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluaannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholatnya.


Surga ‘Adn
Surga yang diciptakan dari intan putih dan diperuntukkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah SWT (An Nahl:30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh (Thaha:75-76),banyak berbuat baik (Fathir: 32-33), sabar, menginfaqkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar-Raad:22-23)

 

Surga Naim
Surga yang diciptakan dari perak putih dan diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT dan beramal shaleh. Al Qalam: 34

 

Surga Mawa
Surga yang diciptakan dari jamrud hijau dan diperuntukan bagi orang- orang yang bertakwa kepada Allah SWT (An Najm: 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), serta takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan hawanafsu (An Naziat : 40-41)

 

Surga Darussalam
Surga yang diciptakan dari yakut merah dan diperuntukkan bagi orang yang kuat imannya dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah SWT serta beramal shaleh.

 

Surga Darul Muqamah
Surga yang diciptakan dari permataa putih dan diperuntukkan bagi orang yang bersyukur kepada ALLAH. Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal dimana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Tempat ini diperuntukkan kepada orang-orang yang bersyukur sebagaimana yg disebutkan di dalam surat Faathir ayat 35. Sedangkan surga Darul Muaqaamah ini terbuat dari permata putih.

 

Surga Al-Maqamul Amin
Surga Yang diciptakan dari permata putih. Kata Al-Maqamul Amin menurut Dr M Taquid-Din dan Dr M Khan berarti tempat yang dan diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan surgaAl-MaqamulAmin ini terbuat dari permata putih.


Surga Khuldi
Surga Yang diciptakan dari marjan merah dan kuning diperuntukkan bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa).

 

Dari gambaran yang Allah SWT utarakan melalui firman-Nya saja sudah membuat kita tak henti-hentinya mengucapkan "Subhanallah", apalagi jika kita mampu melihat dan mampu menjadi penghuni syurga-Nya yang kekal dan abadi. Aamiin

 

Sumber: islampos






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kajian Assatidzah DT Jakarta Lainnya
Ayah-Bunda, Ini Manfaatnya Memeluk Anak
Ayah-Bunda, Ini Manfaatnya Memeluk Anak
27
PADA dasarnya orang tua mengetahui akan pentingnya hubungan dan kedekatan antara anak-anak dengan mereka. Banyak penelitian menunjukkan bahwa,
Galeri
DR. Zakir Naik dan Aa Gym sedang berdialog

Dialog antara Aa Gym dengan Dr. Zakir Naik selepas Shol

Dari Kecil Mencintai NKRI

Belajar mengajak anak bergabung dalam event besar, agar

Antri Toilet

Jamaah rapi berbaris antri untuk menggunakan toilet por