Kesehatan
Miliki Kulit Sehat bersama Doctor Fish

Miliki Kulit Sehat bersama Doctor Fish
Umumnya, seusai memakan sel-sel kulit mati, dan berbagai parasit dalam tubuh manusia, selang waktu tiga hari kemudian, dia akan terus melemah dan mati.

Geli, itulah kesan pertama saat kaki Sahabat dicelupkan di antara ratusan ikan kecil. Gerombolan ikan ini seketika menghampiri dan mengerumuni kaki Sahabat. Dalam hitungan detik, ikan-ikan berukuran mulai dari 1,5 hingga 2 cm, akan melaksanakan tugasnya. Kira-kira, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?
 
Garra Rufa atau juga dikenal dengan ”Nibble Fish” atau “Doctor Fish” saat ini tengah naik daun. Pasalnya, ikan yang berasal dari Timur Tengah ini mampu membuat kulit menjadi sehat dan cantik.
 
Terapi Kulit
Terapi bersama ikan ini telah dikenal sejak Dinasti Omman, Turki. Masyarakat Kangal, sebuah kota kecil di Turki, memiliki kebiasaan berendam di kolam yang berisi ikan Garra Rufa. Berawal dari seorang yang ketika mencelupkan kakinya di sungai, seketika kawanan ikan kecil mengerumuni kakinya. Hasilnya, kaki orang tersebut terlihat bersih tanpa ada luka dan rasa sakit.
 
Ikan Garra Rufa hidup berkembang biak di sekitar sumber air panas di daerah Kangal. Sumber makanan ikan ini adalah mikro organisme yang hidup di perairan hangat. Jika dipelihara di dalam kolam dan tidak diberi makan, sifatnya yang kanibal akan muncul. Ketika mematuk kulit kita, dari mulut ikan ini akan keluar semacam enzim yang disebut dithranol (anthralin). Manfaatnya mempercepat perkembangan sel-sel di dalam kulit dan menyembuhkan penyakit kulit.
 
Umur ikan Garra Rufa tidak panjang. Paling tua usia mereka hanya satu tahun. Ikan bernama Latin Cyprinion Macrostomus ini, termasuk sensitif. Umumnya, seusai memakan sel-sel kulit mati, dan berbagai parasit dalam tubuh manusia, selang waktu tiga hari kemudian, dia akan terus melemah dan mati.
 
Sahabat tak usah khawatir akan kesakitan atau bahkan terluka. Ikan Garra Rufa tidak memiliki gigi. Mereka hanya menghisap sel-sel kulit mati yang ada di tubuh kita. Selain bersihnya sel-sel kulit mati di sekujur tubuh, patukan ratusan mulut ikan ini juga merangsang terbukanya simpul-simpul saraf dan peredaran darah. Hasilnya badan menjadi rileks dan segar. Seperti simbiosis mutualisme, terapi ikan ini sama-sama menguntungkan. Kita akan mendapati kulit kita bersih dan sehat sedangkan ikannya dapat memakan sel-sel kulit mati sebagai makanannya.
 
Tak hanya mempercantik kulit, terapi ikan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit yaitu: membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, neurodermitis, membantu mengurangi rasa gatal, membantu mengurangi tampak bekas luka di kaki, melancarkan peredaran darah, mengangkat sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan kulit baru.
 
Bahkan sebuah klinik di Turki yakni Kangal Psoriasis Fishy Treatment Center memanfaatkan terapi ikan Garra Rufa untuk mengobati penyakit psoriasis. Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang. Penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta mengganggu kehidupan sosialnya (tidak percaya diri).
 
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
Tidak dianjurkan berendam lebih dari 30 menit. Bila terlalu lama berendam di air, kulit akan melunak sehingga gigitan ikan mungkin jauh lebih terasa. Dikhawatirkan gigitan ikan bisa melukai. Memang tidak pernah terjadi kulit kita terkoyak dilahap Doctor Fish, karena ikan ini tidak punya gigi. Lagipula besarnya ikan untuk terapi sengaja dipilih yang berukuran kecil. Memang ada ikan yang berukuran agak besar, tetapi ukuran maksimal Doctor Fish ini hanya sepanjang 6 hingga 8 cm saja.
 
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ada baiknya Sahabat memperhatikan kebersihan dan kesehatan kolam. Apakah kolam memiliki sistem filter (penyaringan) yang baik? Bagaimana prosedur yang harus dilewati sebelum mencoba terapi ini? Dan sebaiknya tersedia kolam khusus bagi penderita penyakit kulit tertentu yang tidak tergabung dengan kolam umum sehingga penyakitnya tidak menular.  
 
Penasaran? Silakan Sahabat mencoba dan membuktikannya sendiri. [swady]
 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kesehatan Lainnya
Pakaian dan Kesehatan
Pakaian dan Kesehatan
20
penyakit yang ditimbulkan oleh pakaian yang tidak adaptif terhadap kebutuhan fisiologi tubuh. Misalnya, bahan pakaian yang tidak bisa menyerap keringat atau tidak bisa melepas panas tubuh secara optimal. Akibatnya,
Galeri
DR. Zakir Naik dan Aa Gym sedang berdialog

Dialog antara Aa Gym dengan Dr. Zakir Naik selepas Shol

Dari Kecil Mencintai NKRI

Belajar mengajak anak bergabung dalam event besar, agar

Antri Toilet

Jamaah rapi berbaris antri untuk menggunakan toilet por