Kesehatan
Nursing Bottle Caries

Nursing Bottle Caries
Di zaman modern ini, kian banyak wanita karier yang memilih untuk menyusui anaknya dengan bantuan susu botol. Pikirnya ini lebih praktis padahal dampak yang timbul menyebabkan kerusakan gigi pada anak.

Saat memberikan materi kesehatan gigi anak pada pelatihan Babby Sitter Dompet Peduli Umat Daarut Tauhiid beberapa saat lalu, sering muncul pertanyaan “Dok, kenapa gigi keponakan saya (5 tahun) bagian depannya hitam dan terkikis habis terutama bagian atasnya padahal sebelum tidur saya selalu menyuruhnya untuk menggosok gigi.” Saya ajukan pertanyaan kepada peserta tersebut apakah keponakannya minum susu botol ketika mau tidur bahkan sampai tertidur? dan jawaban yang didapat semuanya “ya”. Akhirnya saya berkesimpulan bahwa anak tersebut terkena  Nursing Bottle Caries (NBC).
 
Penyebab NBC
            Di zaman modern ini, kian banyak wanita karier yang memilih untuk menyusui anaknya dengan bantuan susu botol. Pikirnya ini lebih praktis padahal dampak yang timbul menyebabkan kerusakan gigi pada anak.
 
Ciri kerusakan, mula-mula yang terkena adalah gigi seri bagian atas berlanjut pada gigi geraham. Jangan heran jika gigi seri bagian bawah tidak terkena padahal gigi tersebut paling awal tumbuh. Hal ini disebabkan ketika anak minum susu botol, dot terletak pada lidah dan langit-langit. Sementara gigi seri bawah terhalang oleh lidah sehingga gigi seri rahang bawah terbebas dari aliran susu botol.
 
            Dan, selama anak tertidur frekuensi penelanan dan aliran air ludah berkurang, sehingga efek pembersihan gigi yang biasanya dilakukan oleh air ludah menjadi berkurang. Dengan demikian, sisa susu akan tertinggal di gigi sepanjang malam dan oleh bakteri akan diubah menjadi asam yang merusak gigi.
 
            Sayangnya, banyak orangtua yang tidak memperhatikan itu. Mereka merasa sudah menggosok gigi anaknya sebelum tidur, sehingga  lupa bahwa susu botol yang diminum anaknya ketika tertidur justru menjadi penyebab kerusakan gigi.
 
Pencegahan NBC
            Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya NBC, di antaranya:

  1. Usahakan minum susu botol bukan menjelang anak tertidur, tapi minum susu sebelum tidur dan dilanjutkan dengan menggosok gigi. Biasakan sejak anak tumbuh gigi.
  2. Apabila sudah terlanjur menjadi kebiasaan, maka kita harus menyiapkan dua buah botol, yang pertama berisi susu dan yang kedua berisi air putih, sehingga ketika susu pada botol pertama sudah habis kita lanjutkan dengan minum dengan air putih dari botol kedua yang berfungsi untuk membersihkan sisa susu yang ada di mulut.
  3. Apabila anak sudah bisa minum memakai gelas, maka usahakan minum susu memakai gelas sehingga proses kerusakan gigi yang disebabkan susu botol tidak terjadi.
  4. Ketika anak berusia sekitar enam bulan, biasanya sudah tumbuh gigi  depan pada rahang bawah, anak belum bisa menggosok giginya sendiri maka sebelum tidur siapkan kain kasa yang dibasahi dengan air hangat kemudian lilitkan ke jari tangan kita dan gosokkan pada gigi-gigi si kecil.
  5. Biasakan anak mengenal penyikatan gigi sedini mungkin, biasanya usia satu tahun anak sudah bisa memegang sikat gigi. Siapkan sikat gigi yang kecil dan pasta gigi yang ada yang mengandung aroma buah-buahan. Berikan contoh dengan melakukan bersama-sama, atau dengan melihat berbagai gambar atau cerita yang menarik tentang menggosok gigi, sehingga anak antusias untuk mencobanya.
  6. Periksakan gigi anak ke dokter secara rutin meskipun sedang tidak sakit. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan gigi secara tiba-tiba.
 
            Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut Insya Allah si kecil terhindar dari kerusakan gigi. Semoga.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kesehatan Lainnya
Cara Alami Atasi Penyakit di Musim Pancaroba
Cara Alami Atasi Penyakit di Musim Pancaroba
12
Saat musim berganti, saat itu pula berbagai penyakit mengintai. Suhu udara sering berubah-ubah, tiba-tiba panas, dingin, lembab, dan sebagainya.
Galeri
HAJJ

Ya Allah, Undang kami ke Baitullah-MU

Motret dari yang motret

motret orang yang lagi motret , karena banyak yang paka

Ditengah Kerumunan

Seorang anak dan bapaknya berdiri ditengah ribuan jamaa