Kesehatan
Scaler, Pembasmi Karang Gigi

Scaler, Pembasmi Karang Gigi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli gigi menyatakan bahwa karang gigi dapat menghasilkan endotoksin yaitu racun yang dapat berpindah dari gigi ke otak. Kemudian berpindah ke organ tubuh yang lain.

Suatu hari, ada seorang pasien yang punggungnya sejak lama sakit, sudah berobat kemana-mana tetapi hasilnya nihil. Ketika dia berkunjung ke dokter gigi dan karang giginya dibersihkan, kesehatannya berangsur pulih, punggungnya tidak sakit lagi. Begitu pun dengan bu Ida. Sudah sebulan ini matanya merah. Dokter mata menyarankan untuk diperiksa ke dokter gigi. Setelah dibersihkan karang giginya, matanya berangsur sembuh.
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli gigi menyatakan bahwa karang gigi dapat menghasilkan endotoksin yaitu racun yang dapat berpindah dari gigi ke otak. Kemudian berpindah ke organ  tubuh yang lain. Serangan endotoksin dari karang gigi ini tidak mempunyai gejala spesifik, tetapi  bisa bertanggung jawab atas munculnya sakit kepala, sakit mata, sakit lutut, sakit kulit bahkan sakit jantung.
 
Ketika berada di dalam pembuluh darah jantung, bakteri bisa memproduksi enzim yang mempercepat terbentuknya bekuan darah sehingga mengeraskan dinding pembuluh darah jantung. Bakteri juga bisa melekat pada lapisan lemak di pembuluh darah jantung dan mempertebal plak. Pada akhirnya, ini akan menghambat aliran darah, penyaluran sumber makanan dan oksigen ke jantung, akibatnya jantung pun tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
 
Plak dan karang gigi
Plak adalah berkumpulnya bakteri akibat sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika tidak rajin dibersihkan maka dalam beberapa hari plak akan mengalami pengapuran dan berubah menjadi kalkulus yang warnanya kuning atau coklat, yang biasa disebut karang gigi. Jika dibiarkan, ini dapat  menyebabkan bau mulut, kegoyangan gigi, dan tanggalnya gigi, sehingga gigi menjadi ompong dan akhirnya mengganggu sistem pengunyahan dan pencernaan.
 
Jika diteropong melalui mikroskop elektron, di dalam plak terdapat berjuta-juta bakteri yang bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Oleh karena itu, hati-hati kalau kita mempunyai masalah seperti bau mulut, gigi goyang, gusi mudah berdarah, gusi bengkak, gigi semakin jarang. Bisa jadi ini merupakan indikasi adanya karang gigi yang dapat berlanjut menjadi penyakit lain yang tidak kita duga sebelumnya.
 
 Scaler, pembasmi karang gigi
            Karang gigi dapat timbul pada siapa saja, terutama bagi orang yang jarang membersihkan mulutnya dan melekat pada leher gigi dan sukar dibersihkan kalau hanya dengan sikat gigi.  Alat  yang biasa digunakan untuk membersihkan karang gigi dinamakan scaler. Scaler ini ada yang manual dan ada yang elektrik. Penggunaan scaler biasa dilakukan dokter gigi sekurang-kurangnya enam bulan sekali. Namun ada juga pasien yang baru tiga bulan sudah bermunculan karang giginya, tergantung pada kekentalan ludah dan tingkat kebersihan terutama sesudah makan dan sebelum tidur. Oleh karena itu, mengingat dampaknya yang cukup penting bagi kesehatan tubuh, maka kita harus mewaspadai timbulnya karang gigi dalam mulut kita.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kesehatan Lainnya
Piring Kaca atau Piring Emas
Piring Kaca atau Piring Emas
09
Islam baru menancapkan pengaruhnya di seputaran Jazirah Arabia. Dalam masa transisi yang diwarnai dengan serangkaian peperangan dan penaklukkan tersebut, ada begitu banyak orang yang memerlukan bantuan agar bisa menyambung hidup.