Kesehatan
Ingin Sehat? Jangan Lupakan Sayur dan Buah

Ingin Sehat? Jangan Lupakan Sayur dan Buah
Apakah zat-zat yang terkandung daalam makanan memenuhi kebutuhan zat tubuh? Yaitu karbohidrat, lemak, protein, 9 vitamin, mineral dan zat lain yang sangat dibutuhkan tubuh.

Masih suka mengonsumsi makanan cepat saji (fast food)? Atau makanan mengandung berlimpah lemak? Jika masih, segera ubah pola makan tersebut. Jangan jadikan sebagai gaya hidup.
 
Mengapa? Karena kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Efeknya mungkin belum langsung terasa. Tapi, dalam jangka panjang akibat negatifnya akan dirasakan. Ancaman bagi kelangsungan hidup sehat Sahabat.
 
Bijak Memilah Makanan
Aneka makanan begitu mudah kita jumpai saat ini. Mulai dari yang harganya murah hingga mahal, yang sederhana hingga rumit penyajiannnya, dari yang mudah hingga susah didapat. Tapi, apakah makanan-makanan tersebut aman dan dapat diterima tubuh kita?
 
Kita seharusnya mempertanyakan hal tersebut. Karena sebelum memasukkan aneka makanan ke dalam tubuh, dipertimbangkan terlebih dahulu makanan yang dikonsumsi. Apakah zat-zat yang terkandung daalam makanan memenuhi kebutuhan zat tubuh? Yaitu karbohidrat, lemak, protein, 9 vitamin, mineral dan zat lain yang sangat dibutuhkan tubuh.
 
Sayur dan Buah Si Kaya manfaat
Walau sudah menyantap aneka makanan yang lezat, kurang lengkap rasanya jika belum mengonsumsi yang dua ini. Sayur dan buah. Memang tampak sederhana, tapi manfaat dan nilai gizi yang dikandungnya tidak sesederhana namanya.
 
Brokoli misalnya, sayur yang merupakan bunga dari tanaman sejenis kubis-kubisan ini kaya manfaat. Brokoli mampunyai senyawa sulforaphane yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, brokoli juga mempunyai kandungan vitamin C, provitamin A/karotenoid, asam folat,  dan kalsium yang tinggi.
 
Kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli melebihi kandungan vitamin C pada jeruk. Kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan mengandung lebih serat daripada sepotong roti gandum. Brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potassium, kalium, zat besi, dan selenium.
 
Sayuran yang berwarna hijau tua seperti kangkung, daun katuk, daun papaya, genjer, dan daun kelor mengandung beta karoten. Kandungan beta karoten pada sayur dapat membantu memperlambat proses penuaan, meningkatkan fungsi paru-paru, mencegah resiko penyakit kanker, dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.
 
Buah juga tak kalah pentingnya bagi kesehatan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari radiasi oksidatif yang menghasilkan racun.
 
Buah-buahan juga pada umumnya banyak mengandung mineral bermanfaat bagi tubuh. Mineral tersebut adalah kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), dan zat besi (Fe). Kalsium banyak terdapat pada buah jeruk nipis, arbei, nangka, srikaya, salak, dan sawo.
 
Selain itu, vitamin A (beta karoten), C dan E, Zinc, dan asam folat, juga berlimpah. Riset menunjukkan asam folat berkhasiat mengurangi kadar homosistein yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.
 
Nah, tak ada salahnya jika Sahabat menyertakan sayur dan buah sebagai santapan sehari-hari. Selain menyehatkan, harga sayur dan buah juga relatif terjangkau. Jika Sahabat mempunyai halaman cukup luas, tentunya dapat digunakan sebagai lahan menanam sayur dan buah. Begitu bermanfaatnya sayur dan buah, keberadannya tak hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan, tapi juga dapat menjadi Tanaman Obat Keluarga (Toga).

sumber foto : https://www.aryanto.id






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kesehatan Lainnya
Kenali Macam-Macam Bakteri Berbahaya
Kenali Macam-Macam Bakteri Berbahaya
22
Dengan ratusan ribu spesies yang hidup di darat, laut hingga tempat-tempat ekstrim, macam-macam bakteri mampu hidup di tempat yang kiranya tak mungkin ditempati oleh organisme lain, termasuk manusia.