Kesehatan
Cara Mengetahui Masa Subur

Cara Mengetahui Masa Subur
Selain menggunakan metode kalender, kita pun dapat mengetahui masa subur pada seorang perempuan dengan melakukan pemeriksaan pada lendir rahim atau mulut rahim. Pemeriksaan dilakukan pada pagi hari setelah menstruasi berakhir.

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan metode kalender. Artinya, kita melihat siklus menstruasi yang terjadi pada seorang perempuan. Menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari, walau ada pula yang 35 hari. Ovulasi terjadi pada 14 hari sebelum perkiraan menstruasi berikutnya.
 
Pada perempuan dengan siklus 28 hari, ovulasi terjadi pada hari ke-14 (hari pertama dihitung saat darah menstruasi keluar pertama kali setiap bulannya). Pada perempuan dengan siklus 35 hari, ovulasi terjadi pada hari ke-21. Meskipun demikian, perhitungan dengan cara ini tidak menjamin akurasi 100 persen, dalam arti bisa saja meleset karena berbagai hal.
 
Selain menggunakan metode kalender, kita pun dapat mengetahui masa subur pada seorang perempuan dengan melakukan pemeriksaan pada lendir rahim atau mulut rahim. Pemeriksaan dilakukan pada pagi hari setelah menstruasi berakhir. Masa subur ditunjukkan adanya lendir jernih dan elastis pada kelamin luar perempuan. Pemeriksaan ini tidak dapat dilakukan apabila perempuan tersebut baru saja melakukan hubungan seksual. Pada saat ovulasi pun, temperatur badan saat bangun pagi (basal body temperature) pun biasanya akan meningkat. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengiringi pelepasan telur.
 
Ada pun cara yang dianggap paling presisi/akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap hormon LH (luteinizing hormone). Pada saat terjadinya ovulasi, kadar LH dalam urin mengalami peningkatan. Masa subur perempuan ditandai dengan meningkatnya luteinizing hormone. LH itu sendiri merupakan hormon reproduksi perempuan yang diproduksi di indung telur atau ovarium. Peningkatan kadar LH sangat dipengaruhi oleh peningkatan hormon FSH (folicel stimulating hormone) yang dilepaskan oleh kelenjar pineal.
 
Kapan itu terjadi? Sebelas hari setelah hari pertama haid terakhir (HPHT). Sejumlah hasil penelitian menyebutkan peningkat hormon LH terjadi mulai pada hari kesebelas, plus minus selama lima hari. Dengan demikian, lima hari dalam satu bulan kadar LH seorang perempuan mencapai tingkat tertinggi. 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Kesehatan Lainnya
Piring Kaca atau Piring Emas?
Piring Kaca atau Piring Emas?
13
Apa sebabnya Nabi saw melarang hal tersebut? Bukankah emas dan perak adalah bahan tambang yang halal zatnya dan boleh dimanfaatkan manusia?