Pendidikan Anak
PENTINGNYA STORY TELLING UNTUK ANAK USIA DINI

PENTINGNYA STORY TELLING UNTUK ANAK USIA DINI
Ada satu kebiasaan baik yang ketika kita kecil selalu dilakukan oleh kedua orang tua.Ada yang bisa menebak apa itu? Jika jawaban Ayah dan Bunda mengarah kepada kata mendongeng, jawaban tersebut tepat sekali.

What Is Storytelling
 
Ada satu kebiasaan baik yang ketika kita kecil selalu dilakukan oleh kedua orang tua. Ada yang bisa menebak apa itu? Jika jawaban Ayah dan Bunda mengarah kepada kata mendongeng, jawaban tersebut tepat sekali. Mendongeng merupakan akivitas favorit semua anak sebelum tidur dan kita yang pernah kecil dulu pasti tak pernah melewatkan semua kisah yang pernah abi dan ummi kita bacakan, meskipun ceritanya selalu sama sampai kita hafal setiap entakan nafas dan ekspresi kedua orang tua kita ketika sampai pada bait cerita tertentu. Benar bukan?
Orang tua kadang-kadang lupa atau kurang peduli bahwa mendongeng sebelum tidur bukan sekadar menceritakan sebuah cerita agar si kecil terlelap. Tampaknya, mereka tidak sadar bahwa aktivitas yang baik dan sederhana ini bisa mereka jadikan media yang paling ampuh untuk mengajarkan sedikit tentang kehidupan dan membangun karakter, sifat, dan perilaku yang baik pada diri mereka.
Melalui cerita islami untuk anak, banyak hal yang bisa kita tanamkan pelan-pelan terhadap buah hati sehingga ketika mereka besar, ada hal baik yang berhasil mereka rekam pada masa kecil. Ada hal baik dari orang terdahulu yang bisa mereka teladani. Ada para nabi dan Rasulullah dengan karakternya yang luar biasa dan tangguh untuk memperjuangkan Islam dan kebaikan.
Mendongeng atau Story telling adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam menyajikan sebuah cerita kepada orang lain dengan atau tanpa alat, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat mendidik (Lina Sophy, 2013).
Beberapa benefit/keuntungan dari mendongeng yaitu:

  1. Mental
Mendongeng meningkatkan kapasitas pemikiran.
  • Cerita membantu anak-anak memperoleh dan mengembangkan minat baca, keterampilan dan kreativitas.
  • Cerita membangkitkan rasa ingin tahu dan mendorong anak-anak untuk mengajukan pertanyaan.
 
 
  1. Sosial
  • Meningkatkan kemauan anak untuk mengkomunikasikan pikiran dan perasaan.
  • Mengetahui cara-cara pemecahan masalah sehari-hari, tentang interaksi sosial.
  • Mengajari anak tentang diri mereka sendiri dan tentang orang lain.
  • Dapat bersikap positif terhadap orang-orang yang berbeda ras dan agama.
  • Menyampaikan nilai-nilai (keberanian, menghormati, toleransi, kerjasama tim, kesabaran, tanggung jawab, empati, memaafkan).
 
Hal yang harus diperhatikan untuk mendongeng.
Memahami:
Jenis jenis Cerita
  • Legenda, adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan ceritanya dihubungkan dengan tokoh sejarah, telah dibumbui oleh keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokoh. Contohnya: Sangkuriang dan Danau Toba.
  • Mitos, adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi para dewa yang terjadi didunia lain (kayangan) dan dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita dan penganutnya. Contohnya: Nyi Roro Kidul
  • Fabel, adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berprilaku menyerupai manusia. Contohnya: Si Kancil Anak Nakal
  • Sage, merupakan cerita dongeng yang berhubungan dengan peristiwa atau sejarah. Contohnya: Tutur Tinular
Struktur Cerita
  • Pendahuluan
                Pernyataan umum, kelimat penyamtar untuk memulai story telling.
  • Isi
                Kejadian atau peristiwa dalam dongeng, kejadian-kejadian ini disusun secara kronologis.
 
 
  • Penutup
                Komentar umum tentang kebaikan yang dapat menaklukan kejahatan atau pesan moral lainnya.
 
Performance  Storry Telling
Voice Mechanics:
- Volume
- Lafal jelas
- Ekspresi vokal
- Ritme
Face and Body Gesture:
- Ekspresi wajah
- Gerakan tangan
- Gerakan tubuh
Focus:
- Konsentrasi
- Berkesinam-
   bungan
Characterization:
- Alat peraga
-  Kostum
The Power of Present:
- Percaya diri
-  Nyaman
Demikian, mudah mudahan bermanfaat sehingga anak anak menjadi lebih tenang, kreatif dan penuh imaginative salah satunya dengan manfaat mendongeng ini.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Pendidikan Anak Lainnya
Agar Anak Senang Membaca
Agar Anak Senang Membaca
25
Adapun peran orang tua agar anak senang membaca dapat diwujudkan melalui keteladanan, pemberian motivasi, bimbingan dalam aktivitas membaca, dan suasana rumah yang menyenangkan.