Pendidikan Anak
RUMAH PIJAKAN PERTAMA PENDIDIKAN UNTUK ANAK

RUMAH PIJAKAN PERTAMA PENDIDIKAN UNTUK ANAK
Rumah adalah tempat berlabuh paling lama dalam kehidupan. Bisa dikatakan, ‘dari rumah pulang ke rumah’.

Rumah adalah tempat berlabuh paling lama dalam kehidupan.  Bisa dikatakan, ‘dari rumah pulang ke rumah’. Untuk itulah jika selama ini pendidikan  hanya diajarkan melalui workshop, sekolah, dan lembaga formal lainnya, kini sudah saatnya merambah ke tempat yang menjadi basis dari segala aktivitas itu; rumah.
Di dalam keluarga, komponen ibu disebut sebagai madrasatul ula.  Dengan kata lain, bermula dari ibu lah anak-anak belajar tentang kehidupan. Seorang anak yang dibentuk dengan karakter-karakter positif dan penuh kasih sayang dari rumah akan berprilaku positif pula di luar rumah. Sekolah-sekolah selanjutnya hanyalah pupuk untuk menyuburkan akar-akar yang sudah ditanamkan oleh orangtua.
Kesungguhan kita menjadi orangtua akan memberikan dampak berbeda untuk anak anak kita. (Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari).
Bersyukur bagi para orangtua yang sadar bahwa amanah terindah dan luarbiasa yang telah dititipkan Alloh SWT kepada kita, yaitu buah hati tercinta.  Dan menjadi orangtua pembelajar yang terus memiliki semangat belajar dan memperbaiki diri adalah hal terpenting sebagai buah kesungguhan kita dalam mendidik anak.
Menyadari bahwa masa emas yang telah dimulai sejak bayi lahir bukan hanya sang buah hati yang siap belajar juga kita sebagai orangtuanya. Sejak menyandang predikat ayah dan bunda, maka pada saat itulah orangtua semestinya belajar dan bersemangat menjadi orangtua yang sebenarnya yaitu memberikan pelayanan kebutuhan hidup (fisik) dan mengisi hatinya (nilai nilai kebaikan).
Pendidikan dalam keluarga merupakan pondasi yang kokoh kuat untuk pembentukan dasar-dasar hidup beragama, akhlak, karakter dan nilai-nilai luhur lainnya.
Di dalam keluargalah nilai-nilai ini mulai di semai dan dikembangkan dengan ikatan cinta dan sentuhan kehangatan. Peran ibu dan ayah sangat berperan sekali.
Dalam keluargalah orang mempelajari banyak hal dimulai dari bagaimana berinteraksi dengan orang lain, menyatakan keinginan dan perasaan, bertutur kata, besikap dampak positifnya akan berantai dan berdampak terhadap hasil pendidikan anak yang lebih baik.
Terkait tentang penguatan lembaga keluarga, di PG dan TK Daarut Tauhiid ada yang namanya Program Parenting Bulanan dan Seminar Event Keluarga yang secara kegiatan masuk dalam Program Komite bekerjasama dengan Sekolah. Selain sebagai wadah informasi sekolah dan shilaturahim antar orangtua juga merupakan sarana pendidikan untuk penguatan keluarga dan orangtua sehingga pendidikan di rumah seimbang dengan program sekolah yang dlakukan, salahsatunya penanaman akhlak,karakter dan pembiasaan ibadah (shalat/baca Al Quran). Tema  besaran yang diangkat dari kegiatan parenting seputar : Penguatan Ruhiyah – Akhlak, Al Quran, Psikologi Perkembangan Anak, Kesehatan dan Entrepreuneur.
Kami yakin, bahwa pada saat menitipkan anak di sekolah maka sekolah bukanlah satu satunya lembaga yang mengharuskan anak bisa ideal baik sesuai keinginan orangtua tapi hanya sekedar partner yang jam waktu terbanyak penddikan  tetap  berada di rumah.
So…Never Give Up for My Mom and Dad make different every day give the best for your children…!!!
 
Penulis: Ade Karwati,S.IP (pada berbagai sumber)






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Pendidikan Anak Lainnya
Jadilah Busur untuk Mereka
Jadilah Busur untuk Mereka
06
Memang boleh kita bercita-cita menjadi apa anak kita nanti. Tapi ingatlah mereka punya pemikiran dan kehidupan sendiri. Beri mereka kebebasan dalam menggali pemikiran mereka, dan
Galeri
DR. Zakir Naik dan Aa Gym sedang berdialog

Dialog antara Aa Gym dengan Dr. Zakir Naik selepas Shol

Dari Kecil Mencintai NKRI

Belajar mengajak anak bergabung dalam event besar, agar

Antri Toilet

Jamaah rapi berbaris antri untuk menggunakan toilet por