Profil Program
Babak Baru Wakaf Pembangunan Perluasan Masjid DT (1)

Babak Baru Wakaf Pembangunan Perluasan Masjid DT (1)
Masjid DT memang dikenal sebagai salah satu masjid termakmur di Kota Bandung. Maksudnya, nyaris setiap saat selalu ada aktivitas jamaah di masjid.

Alhamdulillah, perluasan Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung memasuki babak baru. Pascaramadan atau awal Agustus, telah dimulai proses perluasan masjid. Jika sebelumnya sudah dilakukan pemugaran dan pembangunan kembali Masjid DT, maka kini memasuki fase/babak perluasan area masjid. Saat ini, telah berlangsung pengerukan dan persiapan pemasangan fondasi dengan pembuatan Dinding Penahan Tanah (DPT).
 
Perluasan masjid dianggap penting dan sangat dibutuhkan. Meningkatnya jumlah jamaah dan peran strategis masjid yang tidak sekadar tempat beribadah, menjadi faktor penyebabnya. Masjid DT memang dikenal sebagai salah satu masjid termakmur di Kota Bandung. Maksudnya, nyaris setiap saat selalu ada aktivitas jamaah di masjid. Selain setiap waktu salat lima waktu berjamaah, di luar waktu itu pun Masjid DT selalu ‘hidup’ dengan aktivitas keagamaan.
 
Sejak dua tahun belakangan ini, kapasitas Masjid DT boleh dibilang tidak mampu menampung jamaah yang beribadah. Ketidaknyamanan menjadi keluhan yang sering disampaikan. Padahal, masjid sebagai representasi dari rumah Allah seyogyanya menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah. Mendekatkan diri kepada Allah SWT tanpa perlu dirisaukan oleh hal-hal sepele. Dengan adanya tambahan lahan wakaf seluas 380 m2, sehingga total luas Masjid DT menjadi 2.866 m2, permasalahan tersebut semoga dapat diatasi.
 
Masjid Multi Fungsi
Ada pun peran strategis masjid, Masjid DT diharapkan menjadi model pengelolaan masjid yang profesional di Indonesia. Yakni bagaimana masjid difungsikan sebagaimana layaknya zaman Rasulullah. Masa ketika masjid fungsinya tidak sekadar tempat beribadah, namun juga sebagai madrasah atau pusat pendidikan umat. Melalui perluasan masjid, nanti dibangun ruang-ruang kelas, perpustakaan, roof garden, yang semua fasiltas itu dapat mendukung proses Masjid DT sebagai sebuah tempat layaknya institut. 
 
Termasuk juga pengelolaannya, Masjid DT akan menjadi role model pengelolaan masjid yang mengedepankan aspek manajemen profesional. Kesan pengelolaan masjid yang tidak mandiri atau tergantung uluran tangan dari pihak lain, semoga dapat dihilangkan. Masjid DT akan jadi miniatur masjid di Indonesia yang dikelola secara baik, benar, dan mandiri. Insya Allah.
 
Leluasa Berwakaf Masjid
Untuk itulah, lembaga Wakaf DT giat menggalang dana wakaf masjid dari masyarakat. Peran serta muwakif (pewakaf) pun tidak hanya berupa uang untuk membebaskan lahan bagi perluasan masjid. Namun, muwakif dapat mewakafkan apa saja potensi yang dimilikinya. Baik itu berupa barang, pikiran, tenaga, maupun waktu. Sehingga diharapkan masyarakat dapat berkontribusi dalam bentuk sekecil apa pun untuk wakaf Masjid DT.
 
Wakaf Masjid DT bisa disalurkan melalui rekening Mandiri Syariah : 77.66.77.66.33 dan BNI : 2251.2118 a.n Yayasan Daarut Tauhiid. Informasi dan konfirmasi bisa menghubungi Kantor Wakaf DT Jalan Gegerkalong Girang No.67 Bandung. Telpon: (022) 200 6655 dan 0852 0012 3123. 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Profil Program Lainnya
Dari Zakat ke Beasiswa Dhuafa
Dari Zakat ke Beasiswa Dhuafa
14
Selain mengikuti program pendidikan secara formal, para santri juga diajarkan dan dilatih karakter Baik & Kuat (BAKU). Hal ini penting diajarkan agar mereka di masa depan, tak hanya cerdas dari sisi IQ, tapi juga cerdas secara spiritual.