Profil Program
DPU DT untuk Somalia

DPU DT untuk Somalia
Kondisi cuaca yang sangat panas, ditambah kelaparan, membuat rombongan mereka tidak semuanya sampai ke lokasi, ada saja yang meninggal di perjalanan. Bahkan, setiap harinya ada yang meninggal karena kelaparan.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas), Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid (DT) memiliki peran mengoptimalkan potensi umat berkaitan dengan zakat, infak, dan sedekah. Tidak hanya itu, DPU DT juga mengoptimalkan penyalurannya kepada yang berhak.
 
Alhamdulillah, DPU DT memiliki program kemanusiaan. Program tersebut tidak terbatas untuk saudara-saudara di Indonesia, tetapi sudah meluas ke level internasional. Beberapa negara yang dibantu oleh DPU DT, yaitu Palestina, Suriah, dan kini Somalia.
 
Minimnya pemberitaan media di Indonesia tentang Somalia, menjadikan kebanyakan masyarakat menganggap yang terjadi di sana bukanlah sesuatu yang urgent untuk ditolong. Padahal, menurut Sumber Daya Manusia (SDM) DPU DT yang ditugaskan ke sana, kondisi Somalia sangat memprihatinkan.
 
Somalia ditakdirkan oleh Allah mengalami becana kelaparan dan kekeringan. Sekitar tiga tahun lamanya di Somalia tidak turun hujan, ditambah lagi konflik internal yang sangat berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sana. Anak-anaknya kurang gizi, orang tua kesulitan mencari bahan makanan untuk dimakan, bahkan untuk minum pun sulit.
 
Kebanyakan dari mereka tinggal di tenda-tenda yang terbuat dari kardus dan kain. Lebih menyedihkan lagi, disudut tenda tersebut mereka menyimpan sebuah wadah untuk tempat buang air kecil (BAK). Bila mereka sangat kesulitan mendapatkan air, maka dengan terpaksa mereka meminum air BAK yang telah mereka tampung itu.
 
Seringkali mereka datang ke lokasi yang dikabarkan akan ada yang memberikan bantuan untuk mereka. Perjalanan yang dilakukan luar biasa jauhnya, sekitar 200 atau 300 km dengan jalan kaki. Kondisi cuaca yang sangat panas, ditambah kelaparan, membuat rombongan mereka tidak semuanya sampai ke lokasi, ada saja yang meninggal di perjalanan. Bahkan, setiap harinya ada yang meninggal karena kelaparan.
 
Melihat langsung kondisi di sana, membuat DPU DT berusaha sekuat tenaga memberikan bantuan ke sana. Mulai dari bantuan air bersih, paket sembako, serta makanan buka puasa dan sahur selama bulan Ramadan lalu.
 
DPU DT juga terus menyosialisasikan kepada donatur untuk membantu masyarakat di Somalia, terlebih mayoritas masyarakat di sana adalah muslim, dan sesama muslim adalah saudara. Bantuan yang kami berikan saat ini masih dalam bentuk charity, berupa makanan, minuman, obat-obatan, dan pakaian. Mengapa kami belum memberikan program jangka panjang? karena yang urgent mereka butuhkan di sana adalah hal tersebut.
 
Mudah-mudahan dengan adanya DPU DT, dapat menjembatani sahabat-sahabat yang ingin membantu mereka yang terkena bencana kemanusiaan. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga jauh ke luar negeri. Di antaranya adalah membantu saudara-saudara kita di Somalia. []






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Profil Program Lainnya
Dari Zakat ke Beasiswa Dhuafa
Dari Zakat ke Beasiswa Dhuafa
14
Selain mengikuti program pendidikan secara formal, para santri juga diajarkan dan dilatih karakter Baik & Kuat (BAKU). Hal ini penting diajarkan agar mereka di masa depan, tak hanya cerdas dari sisi IQ, tapi juga cerdas secara spiritual.