Berita
Tingkatkan Keterampilan, DPU DT Adakan Pelatihan Disabilitas

Tingkatkan Keterampilan, DPU DT Adakan Pelatihan Disabilitas
DPU Daarut Tauhiid berusaha menjangkau kelompok disabilitas dari berbagai daerah, untuk selanjutnya diberdayakan dan dimandirikan.

Permasalahan kelompok disabilitas, menurut Dadan Junaedi, Direktur Program Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid sangatlah kompleks. “Mengapa? Karena dari segi akses mereka tidak sama seperti kita. Lembaga-lembaga di negeri ini juga belum maksimal dalam memberdayakan mereka,” katanya pada Rabu (11/10).
 
Dadan mengatakan, walau undang-undang di Indonesia menerapkan sebuah perusahaan, khususnya BUMN, harus mempekerjakan dua persen pekerjanya dari kelompok disabilitas. Namun, pada kenyataannya belum demikian.


Melihat fakta-fakta di lapangan demikian ironinya, maka DPU Daarut Tauhiid, dalam hal ini Dadan sebagai direktur programnya berusaha menjangkau kelompok  disabilitas dari berbagai daerah, untuk selanjutnya diberdayakan dan dimandirikan.


Salah satu program yang diberikan untuk kelompok disabilitas ialah pelatihan menjahit. “Program menjahit saat ini sudah tiga angkatan mulai bulan Mei. Harapannya, mereka dapat mandiri, artinya mereka punya skill menjahit. Kita beri pelatihan, kita modali juga mesin jahit dan lain-lainnya,” jelasnya.
 
Harapan selanjutnya menurut Dadan, mereka mampu percaya diri berkarya di dunia industri. Walau menurutnya, hal itu juga resikonya sangat tinggi. “Khawatir ada pembully-an dan hal yang tidak mengenakkan. Karena dunia industri pasti beda dengan dunia pesantren seperti di DT,” lanjutnya.

Terakhir, Dadan juga berharap mereka kelak dapat mandiri dengan membuka usaha sendiri. “Mudah-mudahan nanti mereka dapat memiliki konveksi sendiri, dan mempekerjakan sesama kelompok disabilitas,” katanya. 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Jamaah Apresiasi Layar Info ketika Jeda Iqamah
Jamaah Apresiasi Layar Info ketika Jeda Iqamah
Jum'at, 13 Oktober 2017
Fasilitas layar televisi di setiap lantai masjid, diberikan bukan untuk menonton acara-acara di TV Nasional. Melainkan untuk memudahkan jamaah saat menyimak kajian maupun informasi penting lainnya.
SMP DTBS Gelar LKS
SMP DTBS Gelar LKS
Kamis, 12 Oktober 2017
LKS digelar dengan tujuan meningkatkan karakter Baik dan Kuat (BAKU). Seperti ikhlas, jujur, tawadhu, kuat, berani, tangguh dan disiplin.
Ustaz Roni: Rasulullah Itu Pemimpin Pemersatu Umat
Ustaz Roni: Rasulullah Itu Pemimpin Pemersatu Umat
Kamis, 12 Oktober 2017
Sebelum Rasulullah menerima wahyu, beliau tidak memiliki musuh, dan sangat dihargai oleh bangsa Arab. Puncak karirnya ketika usia 35 tahun, saat peristiwa Ka’bah yang hampir roboh terkena banjir.
Jamaah DT Cintai Kajian Siroh Nabawiyah
Jamaah DT Cintai Kajian Siroh Nabawiyah
Kamis, 12 Oktober 2017
Pemateri yang menyampaikan Kajian Siroh Nabawiyah adalah Ustaz Roni Abdul Fattah. Cara penyampaiannya yang jelas, tidak bertele-tele, dan mudah dipahami oleh jamaah, membuat kajian tersebut semakin diminati.