Berita
Aa Gym: Jangan Menuhankan Ikhtiar

Aa Gym: Jangan Menuhankan Ikhtiar
Ketika Allah memerintahkan untuk beribadah, kata Aa Gym, Allah pasti memberi sarana dan prasana sehingga ibadah tersebut dapat dilaksanakan oleh hamba-Nya.

KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menasihati para Santri Karya (karyawan) Daarut Tauhiid (DT), untuk tidak menuhankan ikhtiar. Menurutnya, seluruh makhluk pada dasarnya sudah dijamin rezekinya oleh Allah. Hal yang tidak dijamin ialah ganjaran atau pahala.
 
Aa Gym juga menyampaikan nasihat ulama di zaman terdahulu yakni Ibnu Atha’illah, yaitu ‘Jangan risaukan apa yang sudah dijanjikan oleh Allah kepada kita. Tapi risaulah kalau kita lalai terhadap kewajiban-kewajiban yang dibebankan terhadap kita’.

“Maka, kalau kita masih merasa gelisah dalam hidup ini, jangan-jangan kita masih bergantung kepada ikhtiar. Padahal, jika kita ingin bahagia dalam mencari nafkah atau rezeki, sempurnakan ikhtiar sambil bergantung hanya kepada Allah (tawakal),” tuturnya pada Kamis (12/10).
 
Ia kemudian menegaskan, Allah Maha Tahu kebutuhan hamba-Nya. “Maka, berbahagialah orang yang tidak pernah bergantung kepada amal ikhtiarnya. Tubuh bersimbah keringat, tapi hati seratus persen hanya bergantung kepada Allah SWT,” tegasnya sambil tersenyum.
 
Ketika Allah memerintahkan untuk beribadah, kata Aa Gym, Allah pasti memberi sarana dan prasana sehingga ibadah tersebut dapat dilaksanakan oleh hamba-Nya. Seperti ketika Allah memerintahkan untuk salat dengan menutup aurat, Allah pasti memberi rezeki agar hamba-Nya dapat menutup aurat.

Terakhir, Aa Gym pun berpesan agar menyempurnakan ikhtiar dan mengutamakan kewajiban kepada Allah SWT. “Jadi, kewajiban kita kepada Allah, tunaikan dengan baik. Allah pasti tidak akan menyia-nyiakannya. Sempurnakan ikhtiar dengan tawakal kepada Allah. Inilah yang menjadi jalan mendapatkan jaminan dari Allah di dunia dan akhirat,” pungkasnya. 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Kajian Kamis Pagi di Mata Santri Karya
Kajian Kamis Pagi di Mata Santri Karya
Sabtu, 14 Oktober 2017
Ratusan Santri Karya antusias untuk hadir. Bahkan, setiap pimpinan lembaga di DT, mewajibkan timnya untuk hadir pada kajian tersebut.
Direktur DPU DT: Zakat sebagai Kebutuhan, Bukan Beban
Direktur DPU DT: Zakat sebagai Kebutuhan, Bukan Beban
Jum'at, 13 Oktober 2017
Kehadiran Laznas DPU Daarut Tauhiid diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin menunaikan zakat, dan tidak perlu repot mencari-cari mustahiknya.
Tingkatkan Keterampilan, DPU DT Adakan Pelatihan Disabilitas
Tingkatkan Keterampilan, DPU DT Adakan Pelatihan Disabilitas
Jum'at, 13 Oktober 2017
DPU Daarut Tauhiid berusaha menjangkau kelompok disabilitas dari berbagai daerah, untuk selanjutnya diberdayakan dan dimandirikan.
Jamaah Apresiasi Layar Info ketika Jeda Iqamah
Jamaah Apresiasi Layar Info ketika Jeda Iqamah
Jum'at, 13 Oktober 2017
Fasilitas layar televisi di setiap lantai masjid, diberikan bukan untuk menonton acara-acara di TV Nasional. Melainkan untuk memudahkan jamaah saat menyimak kajian maupun informasi penting lainnya.