Berita
KH. Saiful Islam: Perbedaan Ar-Rahman dan Ar-Rahiim

KH. Saiful Islam: Perbedaan Ar-Rahman dan Ar-Rahiim
Kepada orang kafir, sayangi dia dalam doa, semoga dapat hidayah. Kepada orang munafik, doakan ia agar tidak bohong terus. Kepada orang beriman, doakan agar dia tetap dalam keimanan,

Masjid Agung Trans Studio Mall (TSM) Bandung tampak ramai dengan jamaah yang menyimak kajian KH. Saiful Islam Mubarak, pada Kamis (9/11) pagi. Pada kajian yang digelar oleh Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid (DT) ini, KH. Saiful Islam membahas 99 Asmaul Husna yang dibukukan oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Memahami waktu kajian yang terbatas, KH. Saiful Islam, hanya membahas dua Asmaul Husna, yaitu perbedaan ar-Rahman dan ar-Rahiim.

Menurutnya, ar-Rahman memiliki arti menyayangi. Allah SWT memberikan kasih sayang-Nya tanpa pengecualian. Menurutnya, siapa saja yang berbuat baik di dunia, akan Allah balas dengan kebaikan pula.
 
Mengikuti sifat Allah Yang Maha Penyayang ini, KH. Saiful Islam menganjurkan jamaah untuk menyayangi siapa saja, misalnnya menyayangi dalam bentuk mendoakan.
 
“Kepada orang kafir, sayangi dia dalam doa, semoga dapat hidayah. Kepada orang munafik, doakan ia agar tidak bohong terus. Kepada orang beriman, doakan agar dia tetap dalam keimanan,” jelasnya.

Selanjutnya, KH. Saiful Islam membahas tentang makna Ar-Rahiim. “Itu Artinya pemberi nikmat selama-lamanya. Di dunia dan akhirat,” katanya.
 
Ia kemudian menjelaskan detail perbedaan ar-Rahman dan ar-Rahiim. Katanya, ar-Rahman itu kasih sayang yang diberikan oleh Allah di dunia saja, sedangkan di akhirat tidak diberikan. Contohnya, siapa pun yang berbuat baik, orang kafir sekalipun, akan Allah balas kebaikannya kontan di dunia.

Sedangkan ar-Rahiim, kasih sayang yang Allah berikan untuk di dunia dan akhirat. “Ini khusus untuk hamba yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Di akhirat, orang kafir tidak mendapatkan kasih sayang Allah. Padahal, kasih sayang di akhirat lah yang abadi, kekal di surga-Nya” lanjutnya.
 
Terakhir, ia berpesan untuk senantiasa beramal baik, agar mengundang kasih sayang Allah dunia dan akhirat. Contohnya dengan bersedekah melalui DPU Daarut Tauhiid.
 
Ia menegaskan, secara materi, harta yang disedekahkan jumlahnya jelas berkurang. Tapi keberkahannya itu yang bertambah dan jauh lebih bernilai dari yang disedekahkan.

“Semoga itu yang mengundang kita masuk ke Surga-Nya Allah SWT, Aamiin,” Pungkasnya.



 






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Aa Gym: Umat Islam di Negeri Ini Harus Bersatu
Aa Gym: Umat Islam di Negeri Ini Harus Bersatu
Jum'at, 10 November 2017
Saya berharap kematangan, kedewasaan, kearifan, dan para ulama dapat mengatasi ini. Karena perbedaan itu sudah merupakan sunnatullah. Ini memang dinamika dakwah.
Kajian DPU DT di TSM Menginspirasi Bersedekah
Kajian DPU DT di TSM Menginspirasi Bersedekah
Jum'at, 10 November 2017
pengajian yang digelar oleh DPU DT memberikan nilai lebih baginya. Tak hanya mendapat ilmu agama yang disampaikan oleh Aa Gym, tapi Ia juga dapat terinspirasi untuk tidak menunda beramal baik, seperti bersedekah.
Lift Masjid DT untuk Jamaah Berisiko Tinggi
Lift Masjid DT untuk Jamaah Berisiko Tinggi
Kamis, 09 November 2017
Lift ini sudah dapat berfungsi, hanya saja penggunannya untuk jamaah yang berisiko tinggi, seperti lansia (lanjut usia), ibu hamil, dan mereka yang berkebutuhan khusus,
Mau Itikaf di Masjid DT? Ini Aturannya!
Mau Itikaf di Masjid DT? Ini Aturannya!
Kamis, 09 November 2017
Mudah-mudahan semua dapat memahami, dan tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan,” ujarnya.