Berita
Berwakaf dengan Bunga Bank, Bolehkah?

Berwakaf dengan Bunga Bank, Bolehkah?
Jika ada jamaah yang tidak bisa menolak dana tersebut dan sayang jika dibuang, sebaiknya diserahkan kepada lembaga yang mengelola dana non halal. Seratus persen dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan atau sarana yang sifatnya umum.

Ustaz Fahrudin, Tim Lajnah Syariah Daarut Tauhiid (DT) mengungkapkan, bunga bank termasuk riba. Karenanya, bunga bank tidak termasuk dalam kategori yang bisa digunakan untuk bersedekah ataupun berwakaf.
“Tidak bisa. Jadi, harus yang bersih,” kata Ustaz Fahrudin, beberapa waktu lalu saat mengisi DT On Air di MQ FM.
Menurutnya, solusi yang paling tepat ketika menerima dana seperti itu adalah dengan menggunakannya untuk sarana yang sifatnya non halal. Biasanya, katanya, di lembaga sosial selalu ada pos untuk dana non halal. Dana tersebut biasanya digunakan untuk fasilitas atau sarana umum.
“Misalnya dipakai untuk membangun jalan raya. Itu kan yang menggunakan siapa saja. Orang muslim, non-muslim, orang kaya, orang miskin, semuanya dapat menggunakan jalan tersebut,” katanya.

Ustaz Fahrudin menjelaskan, walaupun dapat digunakan untuk fasilitas umum, dana tersebut tidak boleh digunakan untuk membangun toilet masjid, karena toilet masjid masih bagian dari masjid.

Ustaz Fahrudin menyarankan, jika ada jamaah yang tidak bisa menolak dana tersebut dan sayang jika dibuang, sebaiknya diserahkan kepada lembaga yang mengelola dana non halal. Seratus persen dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan atau sarana yang sifatnya umum.

Adapun pahala yang didapatkan, menurutnya, yakni bukan dari pahala sedekah atau nominalnya, melainkan dari pahala solusi.

“Serahkan semuanya kepada Allah. Yang jelas kita tidak dapat dosa, tapi dapat pahala. Hanya, perhitungannya seperti apa, enggak usah dihitung-hitung lah. Sudah pasti ada pahala karena memberi solusi dari permasalah. Kan itu pahala juga nanti. Insya Allah,” tambahnya.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Aa Gym: Sekuat Tenaga, Makmurkan Masjid!
Aa Gym: Sekuat Tenaga, Makmurkan Masjid!
Minggu, 12 November 2017
Salah satu keuntungan menjadi pecinta masjid adalah selalu mendapat petunjuk dari Allah. Mengapa? Karena menurutnya, masjid adalah tempat Allah menjanjikan hamba-Nya dituntun.
Inilah Pesan Aa Gym di ACM Nasional
Inilah Pesan Aa Gym di ACM Nasional
Minggu, 12 November 2017
Semoga program ACM, Aku Cinta Masjid ini menambah lekat bagi yang sudah lekat, menambah bergerak bagi yang sudah bergerak, dan menjadi istiqamah bagi yang sudah diberi hidayah dan taufik mencintai masjid,
Jelang Milad, Daarut Tauhiid Bersih-bersih di 27 Masjid
Jelang Milad, Daarut Tauhiid Bersih-bersih di 27 Masjid
Minggu, 12 November 2017
Salah satu rangkaian acara Milad DT ke-27 adalah aksi Aku CInta Masjid (ACM) NAsional. ACM serentak dilaksanakan di 27 masjid di 22 kota.
Orangtua Tes Wisudawan Tahfidz Quran
Orangtua Tes Wisudawan Tahfidz Quran
Sabtu, 11 November 2017
Semua yang hadir turut menyaksikan dan antusias menunggu sambungan ayat yang disampaikan oleh Serela. Usai sang ibu membacakan ayat suci al-Quran, Serela pun melanjutkan dengan baik dan benar.