Berita
Inilah Ahklak Mulia menurut Aa Gym

Inilah Ahklak Mulia menurut Aa Gym
nasihat yang pertama kepada anak itu bukan disuruh berbakti, bukan mengerjakan salat. Tetapi, jangan menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun dan siapa pun.

Mengapa Rasullullah diutus ke muka bumi? Dai kondang yang sering disapa dengan Aa Gym ini,  mengawali ceramahnya dengan sebuah pertanyaan yang dilontarkan kepada jamaah saat mengisi Kajian Tauhiid di Masjid Agung Garut, Jumat (12/1). Beberapa jamaah yang hadir pada kajian tersebut pun menjawab dengan serentak, bahwa Rasullullah saw diutus tujuannya untuk menyempurnakan akhlak.
 
Aa Gym, dai yang dijuluki sebagai dai spesialis hati ini menyampaikan tausiahnya tentang keutamaan memiliki akhlak mulia. Di hadapan ratusan jamaah yang hadir di Masjid Agung Garut, Aa Gym mengatakan, Rasullullah berjuang, bersimbah keringat, air mata, bahkan darah agar umat manusia memiliki kesempurnaan akhlak, dan akhlak tidak akan sempurna kecuali dengan tauhid.
 
Lukman Hakim, dalam al-Quran surah Lukman ayat 13, saat ia memberikan nasihat kepada anaknya. Sebelum menasihati agar berbakti kepada orangtua dan melaksanakan salat, nasihat yang pertama kali ia berikan tentang tauhid. Yaitu jangan menyekutukan Allah dengan siapa pun dan sesuatu apa pun.
 
“Jadi, nasihat yang pertama kepada anak itu bukan disuruh berbakti, bukan mengerjakan salat. Tetapi, jangan menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun dan siapa pun. Yang pertama kali harus dipahami adalah kalimat laa illaha illalah. Bukan hanya di mulut, tapi tembus ke hati,” ujar Aa Gym.
 
Aa Gym juga menjelaskan, orang yang berbuat baik agar dianggap baik, orang yang berbuat baik agar orang tidak berbuat jelek terhadapnya, orang berbuat baik supaya dagangan laku, merupakan perbuatan syirik. Mengapa? Karena ia melakukan sesuatu tindakan bukan karena Allah, melainkan berharap sesuatu atau imbalan dari makhluk.
 
“Banyak orang yang berbuat baik tapi niatnya belum tentu Karena Allah. Rasullullah saw mengajak manusia memiliki puncak kemuliaan akhlak. Oleh karena itu, ketika ditanya siapa orang yang paling sempurna imannya, yang paling afdhol imannya? Yaitu orang yang paling mulia akhlaknya,” katanya.
 
Menurut Aa Gym, bagi yang ingin tahu siapa yang paling benar pemahaman dan pengamalan Islamnya, lihatlah pada akhlaknya. Dan akhlak datangnya dari hati. Sebagai seorang yang beriman, sudah seharusnya ilmu yang  dicari dan amal-amal yang dilakukan membuat hati menjadi qolbun salim (hati yang selamat).
 
“Sebab dari sinilah akan lahir akhlak mulia, karena timbangan terberat di akhirat adalah timbangan akhlak. Ketika dibangkitkan, orang yang paling dekat dengan Rasullullah adalah orang yang paling mulia akhlaknya,” tegas Aa Gym.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Sejahterakan Umat, DT Peduli bersinergi dengan Pesantren Yatim
Sejahterakan Umat, DT Peduli bersinergi dengan Pesantren Yatim
Senin, 15 Januari 2018
Dua lembaga yang mengelola zakat, infak, dan sedekah ini bersinergi untuk bersama membangun umat melalui beberapa kerja sama yang dilakukan.
Ustaz Hilman Wafat, Aa Gym Sebutnya sebagai Syuhada
Ustaz Hilman Wafat, Aa Gym Sebutnya sebagai Syuhada
Senin, 15 Januari 2018
DT kembali diselimuti kabar duka atas wafatnya Ustadz Hilman Rosyad Syihab, Pengurus Dewan Syariah DT Peduli. Beliau wafat pada Ahad (14/1) pukul 10.05 di Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat.
Aa Gym Salatkan Jenazah Almarhum Ustaz Hilman Rosyad
Aa Gym Salatkan Jenazah Almarhum Ustaz Hilman Rosyad
Minggu, 14 Januari 2018
Sebagai Dewan Syariah DT Peduli, almarhum masih aktif menyosialisasikan tentang zakat, infak, dan sedekah agar disalurkan ke DT Peduli. Ia pun menyampaikan beragam program yang telah digulirkan DT Peduli.
Aa Gym: Orang Cerdas, Tunaikan Wakaf
Aa Gym: Orang Cerdas, Tunaikan Wakaf
Minggu, 14 Januari 2018
Aa Gym mengatakan, ada satu amalan yang menjadi bekal bagi mereka yang cerdas. Amalan itu ialah berwakaf.