Berita
Apa Kabar Pembangunan Asrama Tahfiz?

Apa Kabar Pembangunan Asrama Tahfiz?
Jika sudah rampung secara keseluruhan, Asrama Tahfiz akan membentuk hurup L dengan bangunan utara dua lantai utama dan tiga lantai utama bangunan timur dan bangunan toilet.

Asrama Tahfiz Eco Pesantren mulai terlihat bentuknya. Bangunan yang dibagi menjadi bangunan sebelah utara, bangunan sebelah timur, dan  bangunan toilet ini mulai lengkap dengan atap, dinding, dan lantai kerja.

Sopyan, Pengawas Pembangunan Eco Pesantren DT mengungkapkan, kemajuan pembangunan Asrama Tahfiz diperkirakan sudah mencapai sekitar 25 persen, naik sekitar 9 persen dari pekan sebelumnya.

“Dari kemarin mobilisasi baja untuk bangunan timur, dari pabrikasi ke lokasi sudah dimulai. Mudah-mudahan Senin dimulai perakitannya. Karena volume baja yang paling gede paling progres asrama di kisaran 25 persen progresnya. Deviasinya lumayan,” kata Sopyan, saat ditemui di lokasi pembangunan Asrama Tahfiz, Kamis (1/2) menjelang sore.

Kemajuan Setiap Bangunan

Jika sudah rampung secara keseluruhan, Asrama Tahfiz akan membentuk hurup L dengan bangunan utara dua lantai utama dan tiga lantai utama bangunan timur dan bangunan toilet. Masing-masing bangunan memiliki kemajuan pembangunan berbeda-beda. Hal itu terjadi karena pembangunan asrama dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama difokuskan pada pembangunan bangunan utara hingga pembangunan atap, tanpa dinding. Sedangkan, tahap kedua pembangunan ditargetkan sampai rampung keseluruhan.

“Yang 100 persen di tahap pertama, sampai atap. Berarti sekarang berbarengan. Utara sudah sekitar 75 persenan dan yang sebelah timur 45 persenan. Bangunan toilet dimasukan ke pembangunan sebelah timur,” sebut Sopyan.

Pada bangunan utara, Sopyan menyebutkan, dinding sampai plesterannya sudah 100 persen. Sementara aciannya sudah 95 persen. Sedangkan lantai kerja, sudah selesai 100 persen. Lantai kerja ini merupakan istilah lantai sebelum dipasangi granit atau keramik. Nantinya granit akan dipasang di bagian dalam asrama, sedangkan bagian terasnya akan dipasangi keramik.

Pada bangunan sebelah timur fondasi dan angkur yang menjadi pangkal kolom sudah rampung 100 persen. Begitu pun dengan bangunan toilet. Plumbing yang ditanam di bawah bangunan toilet juga sudah mulai dipasang, tinggal menyambungkan ke instalasi. Sopyan mengatakan, pekan depan kemungkinan pengerjaan septic tank mulai dilakukan.

Peluang Terlibat Proyek Akhirat

Sopyan mengatakan, proses pembangunan tahap dua asrama tidak begitu banyak kendala. Secara umum berjalan lancar. Dia optimis pembangunan Asrama Tahfiz secara keseluruhan akan rampung sebelum tenggat waktu yang telah ditargetkan. Namun, hal itu bisa terjadi, menurut Sopyan, jika dana yang diserap untuk pembangunan Asrama Tahfiz bebas hambatan.

KH. Abdullah Gymnastiar, Pembina DT mengungkapkan, ketersediaan dana untuk pembangunan Asrama Tahfiz merupakan peluang bagi siapa pun untuk terlibat dalam proyek akhirat. Menurut Aa Gym pembangunan Asrama Tahfiz ini merupakan proyek akhirat.

“Ini mah proyek akhirat, bukan untuk kesenangan dunia belaka, tapi ini untuk bekal akhirat. Katanya kalau udah sering dibacakan al-Quran akan terus melebar keberkahannya. Mungkin ketenangan mulai terasa. Hal-hal yang kurang baik juga, perlahan-lahan akan berkurang,” ucap Aa Gym saat acara Peletakan Batu Pertama Asrama Tahfiz.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Asrama Tahfidz untuk Generasi Qurani
Asrama Tahfidz untuk Generasi Qurani
Minggu, 04 Februari 2018
Setiap orang memiliki kemampuan berbeda, termasuk ketika akan berwakaf. Ada yang sekali berwakaf dengan nominal yang besar, namun juga ada yang rutin berwakaf dengan nominal yang terbatas.
Bahagiakan Veteran dengan Membangun Rumah Veteran
Bahagiakan Veteran dengan Membangun Rumah Veteran
Minggu, 04 Februari 2018
Untuk membahagiakan para veteran yang telah berjasa merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, DT Peduli bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah meluncurkan program “Bangun Rumah Veteran”.
DT Peduli Bekerja Sama dengan DT Berdaya Gelar ACM
DT Peduli Bekerja Sama dengan DT Berdaya Gelar ACM
Sabtu, 03 Februari 2018
Program ACM ke-55 telah digelar pada Jumat (2/2), di Masjid at-Taubah, Andir, Bandung. Acara berlangsung dengan lancar, dan disambut baik oleh warga sekitar.
Pesan Aa Gym dari Mesir
Pesan Aa Gym dari Mesir
Sabtu, 03 Februari 2018
Aa Gym berpesan untuk hijrah dari kebodohan kepada ilmu. Karena menurutnya, salah satu sumber kemuliaan dalam Islam adalah ilmu pengetahuan.