Cara Mudah Desain Kamar Mandi Minimalis

Nah, setelah Anda memahami hal-hal penting terkait menata kamar mandi secara minimalis, berikut ini beberapa ide atau konsep desain minimalis yang bisa jadi bahan inspirasi merancang kamar mandi impian:

  • Kombinasi warna hitam dan abu-abu.

Jika hendak menonjolkan kesan elegan dan berkelas pada rancangan minimalis kamar mandi Anda, memadukan warna hitam dan abu-abu bisa jadi pilihan. Pilih warna abu-abu untuk keramik lantai dan dinding dengan motif sesimpel mungkin. Lalu, padukan dengan warna hitam untuk beberapa peralatan di kamar mandi, seperti rak atau gantungan handuk. Khusus untuk peralatan mandi berupa bath tub, shower, toilet duduk, dan wastafel, pilih warna putih.

Supaya kamar mandi tidak terkesan gelap, tempatkan jendela berkaca transparan yang bentuknya persegi panjang. Akan lebih baik jika jendela ini bisa dibuka keluar, yang membuat tidak hanya cahaya dari luar yang dapat masuk, namun aliran udara pun leluasa keluar masuk. Jangan lupa pasang cermin berukuran luas di atas wastefel atau posisikan cermin tersebut menerima sinar langsung dari jendela. Dengan posisi seperti ini, ruangan tidak hanya terlihat luas tapi juga semakin terang karena cermin tersebut membiaskan cahaya yang masuk dari jendela.

Melimpahnya pencahayaan alami dari matahari, membuat ruangan saat siang hari tidak memerlukan penerangan dari lampu. Ini artinya Anda dapat menghemat pemakaian listrik. Selain itu, ruangan pun tentu jauh lebih sehat dan terasa hangat.

  • Dominasi warna putih.

Putih adalah warna favorit untuk digunakan pada desain minimalis. Pun halnya dengan interior kamar mandi. Mengapa? Karena warna putih menimbul kesan ruangan terlihat lebih luas, lapang, dan bersih sehingga menarik dan terasa nyaman. Namun, warna putih jika tidak jeli digunakan bisa juga menimbulkan kesan monoton atau membosankan. Supaya kesan tersebut tidak terasa, pilih furnitur atau peralatan di kamar mandi berbahan kayu. Furnitur berbahan kayu ini dapat difungsikan sebagai rak menyimpan peralatan mandi yang disatukan dengan tempat keran air/wastafel.

Pilih bahan furnitur berkualitas agar tidak mudah lapuk karena air atau kelembapan. Kalau tidak memberatkan budget Anda, tidak ada salahnya menggunakan kayu jati atau mahoni. Kedua jenis pohon ini sudah sangat dikenal tahan air dan anti lapuk. Selain itu, serat kedua kayu tersebut sangat halus dan punya beragam corak, sehingga menimbulkan kesan natural atau klasik.

  • Pemilihan corak keramik yang unik.

Ada kalanya cukup dengan sedikit sentuhan, tampilan kamar mandi minimalis menjadi luar biasa. Sentuhan kecil tersebut berupa pemilihan motif atau corak keramik yang tidak lazim. Contoh, pasang keramik bercorak hexagonal dan dikombinasikan dengan keramik bercorak biasa. Kejelian dalam menata pola keramik lantai dan dinding, dapat menghasilkan kesan futuristik dan smart pada kamar mandi. Bahkan, Anda tidak perlu lagi memasang ornamen atau hiasan kamar mandi lainnya. Corak keramik yang unik dan penataannya yang ciamik, sudah lebih dari cukup menonjolkan keindahan kamar mandi idaman.

Penggunaan keramik pun memiliki keuntungan tambahan jika dibanding dengan pemasangan wallpaper. Lantai dan dinding kamar mandi yang menggunakan keramik mudah dibersihkan. Cukup dengan dipel atau disikat, noda-noda membandel bisa segera hilang. Hal ini tentu lain ceritanya jika ada noda yang menempel di wallpaper dinding kamar mandi. Selain itu, harga keramik pun jauh lebih murah dibanding wallpaper. Anda dapat lebih banyak menghemat budget dalam merancang kamar mandi.

  • Gunakan cermin sebagai pusat perhatian.

Fungsi cermin tak sekadar merias atau mematut diri. Tapi, cermin juga bisa jadi faktor utama yang membuat kamar mandi Anda terlihat menarik dan tidak membosankan. Anda bahkan bisa berlama-lama di kamar mandi dan merasa nyaman karena kehadiran cermin cantik tersebut.

Pilih desain cermin yang unik dan bingkai menarik. Untuk ukuran, disarankan cermin berukuran besar atau menyesuaikan secara proporsional dengan luas kamar mandi. Tapi intinya bukan pada ukuran cermin, tapi bagaimana tampilan dari cermin yang mampu memikat.

  • Menyatu dengan ruangan lain.

Memiliki ruangan yang luas untukkamar mandi, boleh jadi bagi sebagian orang adalah sebentuk kemewahan yang sukar didapatkan. Apalagi bagi yang tinggal di apartemen atau rumah susun berukuran mungil. Jangan khawatir, desain minimalis bisa menyiasatinya. Yakni dengan konsep menyatukan ruang untuk mandi dan bersih-bersih dengan interior ruangan lainnya. Contoh, kamar mandi bisa disatukan dengan interior kamar tidur. Cukup batasi area basah dengan yang kering. Pembatasnya bisa berupa partisi dari kaca transparan, atau bahkan hanya menggunakan keramik khusus kamar mandi, desain kamar mandi dapat terlihat melebur sempurna dengan interior kamar tidur.

  • Kamar mandi berposter.

Kreatifitas terkadang sulit diterka karena berada di luar kebiasaan atau kelaziman. Prinsip ini juga dapat Anda terapkan ketika mendesain kamar mandi minimalis idaman. Salah satu contohnya adalah dengan memajang beberapa poster berbingkai berisi kata-kata motivasi (quotes) favorit, seperti “Jika gagal memperoleh sesuatu, hanya satu hal yang harus dilakukan, coba lagi”, atau “Sehat itu mahal daripada kaya, karena jika sudah sakit, maka kekayaan jadi sirna”, bisa juga “Tidak ada target besar, yang ada hanya impian kita yang terlalu kecil”, dan lain-lain.

Memang terlihat di luar kelaziman, tapi hal itulah yang membuatnya unik. Apalagi dengan melihat poster quotes itu setiap bangun pagi atau menjelang tidur, diyakini bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik dan positif menjalani aktifitas sehari-hari. Lalu, untuk memperkuat kesan minimalisnya, Anda dapat menggunakan wallpaper dinding bercorak bata dengan warna yang tidak terlalu ngejreng.

Masih banyak lagi contoh ide-ide kreatif yang bisa jadi bahan inspirasi Anda merancang kamar mandi minimalis idaman. Semoga beberapa contoh ide desain minimalis, termasuk kiat-kiat merancang interior kamar mandi yang telah dipaparkan di tulisan ini, bisa memicu Anda untuk leluasa berkreasi. Mengkombinasi atau bahkan menemukan ide yang baru. Kuncinya, jangan takut mencoba dan terus mencoba. (daaruttauhiid)

sumber foto: dekoruma.com