Makna di Balik Nama-nama Gedung di SMP DTBS

Penggunaan nama sahabat nabi menjadi ikon di Kawasan Wakaf Eco Pesantren. Nama Abu Bakar As-Shiddiq dijadikan nama aset wakaf Gedung SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra yang berfungsi sebagai ruang guru dan informasi. Nama yang diberikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) ini dimaksudkan agar para civitas yang memakmurkan gedung tersebut bisa memiliki karakter seperti Abu Bakar.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMP Putra, Duden Aminudin. Menurutnya penggunaan nama khalifah rasyidin pertama itu menjadi harapan bahwa setiap orang yang berada di sana sebisa mungkin harus bisa mencontoh kepribadian Abu Bakar sebagai bekal di dunia dan akhirat.

“Saya pribadi sangat bersyukur sekali bisa menempati tempat dengan nama salah seorang sdahabat Nabi yang luar biasa perjuangannya. Mungkin guru kita ingin kita semua dapat meniru perjuangannya dalam menjalankan kehidupan, terutama saat mengenyam pendidikan,” katanya, Senin (10/2).

Penamaan tersebut, kata Duden sesuai dengan konsen DT sebagai lembaga dakwah yang konsen terhadap pendidikan. Menurutnya, pendidikan yang ada di bawah naungan DT harus bisa menciptakan generasi yang memiliki karakter seperti Rasullah atau para sahabat.

“Kami yang ada di sini, sesuai dengan interuksi dan amanah akan terus berlomba-lomba menciptakan generasi yang terbaik. Kebetulan gedung ini dinamakan salah seorang shabat. Kami mulai korelasikan budaya DT dengan sifat-sifatnya yang bisa melahirkan kebiasaan atau akhlak Abu Bakar,” ujarnya.

Abu Bakar As-Shidiq, kata Duden, memiliki ciri yang patut dicontoh. Pertama, rendah hati. Kedua, hidup sederhana. Ketiga, bertanggung jawab. Jauh sebelum nama gedung ini menggunakan nama sahabat Nabi, ketiga sifat terserbut sudah termaktub dalam visi dan misi SMP DTBS Putra.

“Keunggulan itu sudah ada di dalam setiap nafas SMP DTBS. Artinya, jauh sebelum menggunakan nama tersebut sebenarnya tujuan itu sudah mnenjadi bagian dari kami. Kami sudah jalani tahun ke tahun,” tuturnya.(Elga)