Ghaida Tsurayya: Jaga Kecantikan Fisik dan Iman agar Seimbang

Kecantikan menjadi hal penting bagi seorang perempuan. Biasanya penampilan yang paling diprioritaskan. Namun, kecantikan fisik semata tidaklah cukup. Akan terlihat baik dan sempurna bila kecantikan tersebut ada dalam hati, batin, dan keimanan. Hal tersebut disampaikan Ghaida Tsurayya, putri Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam diskusi bertema Inner Beauty bersama santri SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri, yang diunggah di kanal Youtube IST TV.

Dalam kesempatan tersebut, perempuan yang diakrab dipanggil Teh Ghaida ini mengatakan, menjaga kecantikan hati merupakan salah satu prioritas. Baiknya, seorang perempuan mampu menjaga kecantikan fisik sesuai dengan syariat Islam, dan bisa merawat kecantikan hati dengan meningkatkan iman. Baginya, di era yang serba cepat dan penuh dengan informasi, kedua hal tersebut akan menjadi benteng diri dari fitnah dan sesuatu yang merugikan.

“Kecantikan fisik memang bagus dijaga, tapi kecantikan iman akan lebih mulia bila kita semua bisa mengamalkan atau menjaganya. Hari ini banyak sekali fashion tentang ini itu, termasuk berjilbab, bagi perempuan kadang ini menjadi hal yang menarik. Tapi kita juga harus tahu bahwa di tengah era atau zaman seperti ini, bisa jadi kita terjebak pada fitnah atau hal yang tak bermanfaat. Apa bentengnya? Baiknya meningkatkan kualitas iman. Bukanlah Allah dan Nabi sudah memberikan caranya, misalkan menutup aurat juga terus memohon perlindungan,” katanya, Rabu (29/7).

Teh Ghaida mengajak para santri SMK DTBS Putri yang ikut berdiskusi dengannya agar mampu menyeimbangkan dua hal tadi. Pertama, beliau menyebutkan perlu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan keikhlasan dan penuh berserah diri, dengan dan tanpa berharap pada makhluk lain. Kedua, mendekatkan diri pada al-Quran. Menurutnya, al-Quran merupakan jalan yang sangat bisa mempermudah seseorang menemukan hidayah. Ketiga, berupaya mengikuti akhlak Nabi, paling tidak terus rendah hati.

“Tiga hal itu jika kita konsisten, insya Allah akan menemukan banyak cara untuk menyimbangkan kecantikan fisik dan akhlak, yang itu bisa bermanfaat baik di dunia maupun akhirat,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *