Ini Dia, Cara Diet Artis Korea

Kutilang. Kurus, tinggi, langsing. Ungkapan ini untuk menggambarkan bentuk tubuh yang kini banyak diidolakan, terutama bagi para perempuan. Apalagi dengan mewabahnya musik K-Pop, film atau sinetron dari negeri Ginseng, Korea. Para artis yang menjadi pelakonnya pun tampil dengan bentuk tubuh ramping memesona. Alhasil, cara diet artis Korea pun jadi incaran.

Tak sedikit perempuan yang ingin punya tubuh seperti artis Korea, idolanya tersebut. Sebut saja nama artis-artis perempuan beken Korea seperti Song Hye-kyo, Bae Suzy, Lee Ji Eun (IU), Jang Nara, Im Yoon-ah, Shin Min-a, Jessica Jung, atau Ha Ji-won. Meski ada di antara para artis ini yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, tapi bentuk tubuh mereka tetap langsing. Jauh dari kesan tampilan ‘emak-emak’.

Tentu saja upaya atau usaha para artis itu tidak main-main. Agar tubuh mereka tetap terjaga dari lemak berlebih, tidak hanya niat tapi juga kedisiplinan ‘tingkat dewa’. Yakni kedisiplinan untuk menjalani pola makan tertentu atau diet. Mulai dari yang wajar atau biasa-biasa saja hingga ekstrem atau di luar kelaziman.

Yuk, kita cermati satu persatu cara diet artis Korea tersebut. Mungkin saja, dari beberapa cara diet ini, ada yang paten untuk kita ikuti. Aman bagi kesehatan dan tidak terlalu sulit dilakukan.

  • Diet seimbang, olahraga dan pola makan.

Diet jenis ini termasuk diet yang sangat lazim dilakukan. Tidak hanya artis Korea seperti Park Shin Hye misalnya, tapi masyarakat umum juga biasa melakukan. Caranya gampang, cukup dengan rutin melakukan olahraga dan pola makan bergizi seimbang. Jadi, menerapkan diet seimbang ini tidak membuat kita harus berpantang atau mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Sepanjang kita mampu menyeimbangkannya dengan rutin berolahraga, maka diet seimbang ini bisa memberikan hasil maksimal.

Jenis olahraga yang dilakukan pun tidak harus berat-berat, yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki, lari-lari kecil/joging, dan bersepeda. Lakukan setiap hari selama 30-60 menit. Kalau pun tidak bisa setiap hari berolahraganya, minimal dua kali sehari. Mudah bukan?

Khusus untuk pola makan, hindari mengonsumsi makanan berat atau makan malam lewat dari jam 6 sore. Kalau pun malamnya masih merasa lapar, bisa diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan. Tidak hanya menghilangkan rasa lapar, tapi buah-buahan juga sehat dikonsumsi setiap hari. Sumber dari vitamin dan mineral, serta ampuh menghalau beragam penyakit. Contohnya buah apel, yang dikenal kaya serat dan berkalori rendah. Apel pun diketahui mampu meningkatkan antibodi (kekebalan tubuh) sehingga tidak mudah sakit, dan anti aging atau anti penuaan pada kulit.

  • Diet kertas atau paper cup diet.

Diet jenis ini dipopulerkan oleh personel girl band Nine Muses. Tak hanya berparas cantik, para personel girl band tersebut juga punya tubuh ramping indah bak model. Tentu saja untuk memperoleh bentuk tubuh seperti itu, usaha yang mereka lakukan pun tidak main-main. Menerapkan diet ketat yang dinamakan diet kertas atau paper cup diet.

Dinamakan seperti itu karena media/alat utama yang digunakan adalah gelas kertas. Yakni dengan menyiapkan tiga gelas kertas setiap kali hendak makan (3 kali sehari). Ketiga gelas kertas itu berisi nasi, lauk pauk, dan buah. Untuk nasinya dipilih jenis nasi beras merah, bukan nasi putih yang tinggi kalori. Ada pun lauknya boleh apa saja, namun harus rendah garam (tidak asin) dan lemak (tidak berbumbu).

Jadi, gelas kertas disini berfungsi sebagai takaran makanan yang dikonsumsi. Tidak boleh kurang apalagi melebihi takaran maksimal dalam gelas kertas. Diet gelas kertas ini juga bisa dipadukan dengan melakukan olahraga seperti fitness/gym agar hasilnya semakin maksimal.

  • Diet mengonsumi makanan-makanan tertentu.

Ada beberapa jenis makanan yang ampuh menjaga bentuk tubuh tetap ramping. Para artis Korea diketahui mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Mulai dari diet kentang manis. Diet ini dipopulerkan oleh para personel Girl’s Day yang hanya mengonsumsi kentang manis setiap hari, tanpa makanan lainnya. Kentang yang kaya karbohidrat memang bisa jadi sumber energi tanpa membuat tubuh menimbun lemak berlebih. Apalagi kentang juga kaya dengan kandungan vitamin esensial, yang efektif mencerahkan serta merawat kehalusan kulit.

Selain kentang, mengonsumsi kubis juga bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini yang dilakukan oleh artis Park Bom, yang mengonsumsi kubis dan airnya setiap hari. Hasilnya sangat luar biasa. Perubahan yang terjadi pun tergolong cepat, dan kebiasaan ngemil Park Bom dapat dihilangkan. Ini karena mengonsumsi kubis dan airnya memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding makanan jenis lainnya.

Jika kentang dan kubis tergolong jenis sayur mayur, maka diet dari jenis buah-buahan bisa dengan mengonsumi pisang. Manfaat buah ini sangat luar biasa. Kaya kalori dan protein, serta vitamin-vitamin bermanfaat bagi tubuh. Rutin mengonsumsi setiap hari tidak membuat tubuh menjadi lemas atau tidak bertenaga, malah sebaliknya vitalitas tubuh tetap terjaga dan berat badan dapat terkontrol dengan baik. Seo In-young termasuk salah satu artis Korea yang telah merasakan manfaatnya. Diet pisang yang ia lakukan, mampu menurunkan berat badan penyanyi papan atas Korea tersebut dalam waktu relatif singkat, yakni turun 6 kg dalam sebulan.

  • Diet ekstrem.

Dikategorikan diet ekstrem atau diet ketat karena pola diet tersebut di luar kelaziman dan punya dampak negatif jika dilakukan dalam waktu lama. Salah satu contohnya adalah diet susu kedelai. Diet ini dilakukan oleh Won Yeon-sang. Ia setiap hari hanya meminum sebotol susu kedelai tanpa asupan makanan atau minuman lainnya.

Diet tahu atau hanya mengonsumsi tahu juga tergolong diet ekstrem. Ini karena diet tersebut hanya memperbolehkan mengonsumsi dua buah tahu setiap harinya, tanpa diiringi makanan lainnya. Diet ini dilakukan oleh Changmin, personel boy band 2AM yang sebelumnya memiliki tubuh agak tambun. Setelah diet tahu yang dilakukannya, berat badannya turun secara drastis dan kini punya tubuh kurus ramping. Selain Changmin, diet tahu juga dilakukan oleh Heecul dari Super Junior yang memangkas 15 pon dari berat badannya dalam waktu dua pekan.

Lalu, diet air putih yang pernah dilakukan oleh duo penyanyi pop Korea, TVXQ. Mereka pada saat itu hanya meminum air putih selama seminggu, tanpa mengonsumsi makanan atau minuman lainnya. Meski diet ini sempat menuai protes dari masyarakat Korea, namun TVXQ tetap melakukannya dan berhasil menjaga berat badan mereka tetap ideal.

Masih banyak lagi jenis-jenis diet yang dilakukan para artis Korea. Namun, cara diet artis Korea tersebut tidak semuanya aman atau sehat untuk dilakukan. Kita perlu cermat memilihnya. Jangan sampai karena terobsesi memiliki tubuh kurus ramping, kesehatan kita menjadi taruhan. Tentunya hal ini tidak ingin kita alami kan? (daaruttauhiid)

sumber foto: holisticare.co.id