Ini Dia, Perawatan Kulit Kering secara Alami

Lazimnya, perawatan kulit kering dilakukan dengan menggunakan lotion atau pelembab. Hal ini tidak keliru. Apalagi pemakaian lotion tergolong praktis. Tapi, tidak semua orang cocok dengan pemakaian lotion. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, lotion membuat iritasi pada kulit.

Selain itu, bagaimana jika kita berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk memperoleh lotion. Entah itu karena berada di suatu tempat yang jauh dari peradaban, atau di suatu kota kecil yang tidak menjual berbagai jenis lotion untuk kulit kering.

Nah, dua hal ini menjadi alasan mengapa perawatan kulit kering sebaiknya diupayakan secara alami. Artinya, tidak menggunakan lotion atau produk-produk kecantikan sejenis untuk mengatasi permasalahan kulit kering.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan. Mudah untuk diperoleh, dan gampang ketika membuatnya. Apa saja bahan-bahan alami itu? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Minyak zaitun

Bahan alami ini termasuk jenis yang paling banyak digunakan untuk mengatasi kulit kering. Tanpa campuran apapun, dan langsung dioleskan. Hasilnya langsung terlihat dan dirasakan. Ini karena minyak zaitun kaya akan vitamin E, sehingga membuat minyak zaitun dikenal sebagai pembersih alami tanpa membuat kelembapan kulit berkurang.

  • Madu murni

Selain minyak zaitun, bahan alami lainnya yang lazim digunakan adalah madu murni. Sama seperti penggunaan minyak zaitun, cukup dioleskan pada kulit yang kering. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Tapi, harus menggunakan madu murni. Bukan madu kw atau madu yang sudah dicampur olahan lainnya. Untuk hasil yang lebih paten, adakalanya madu murni dicampur dengan oatmeal, yaitu sejenis makanan sehat. Takarannya adalah 2 sendok makan oatmeal dengan 1 sendok makan madu murni. Campurkan dan tambahkan sedikit air agar lebih mudah saat dioleskan ke wajah.

  • Buah alpukat dan yoghurt

Campurkan kedua bahan ini sehingga menghasilkan masker alami untuk perawatan kulit kering. Caranya, ambil 1 buah alpukat. Haluskan isinya dan campurkan dengan 3 atau 4 sendok makan yoghurt. Oleskan ke kulit yang kering dan tunggu selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Ternyata mudah bukan cara perawatan kulit kering secara alami? Jadi, jangan ragu untuk memulainya. ‘Back to nature’, slogan ini pun bisa mulai kita terapkan dalam kehidupan seharui-hari. (daaruttauhiid)