Kepala KBIH DT: Warga Bandung Raya Tidak Perlu Khawatir

Jamaah Haji dan Umroh Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini tak perlu khawatir dengan sistem zonasi yang diberlakukan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Pasalnya, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Daarut Tauhiid (DT) siap melayani jamaah di seluruh zonasi Bandung Raya. 

Kepala KBIH Ustaz Mumuh Abdul Muhyi mengatakan, seluruh perangkat yang ada di KBIH DT sudah mencerna baik-baik aturan tersebut. Bahkan, Ustaz menjamin jamaah haji dan umroh yang sudah mendaftar ke KBIH DT akan didampingi oleh kepala rombongan (karom) dari DT. 

“Sebelumnya juga ada beberapa kejadian jamaah yang sudah daftar di KBIH tertentu. Karena tersendat sistem zonasi, kemudian dititipkan di KBIH yang lain dan akhirnya merasa tidak puas karena tidak terlayani. Di sini tidak. Kami akan melayani jamaah yang sudah terdaftar di KBIH DT dengan pelayanan ekstra dan karomnya tetap dari sini. Bahkan, bimbingan dan pelatihannya tetap kami kawal,” katanya, Kamis (9/1). 

Ustaz Mumuh  mengatakan, sistem zonasi tersebut bukan masalah. Aturan Kemenag, kata Ustaz Mumuh, menjadi salah satu pemantik sivitas KBIH untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan terhadap jamaah. 

Alhamdulilah, kita selalu tertib aturan, sistem zonasi Kota/Kabupaten ini pun tidak terlalu menghambat kami, karena ada kebijakan akan diberlakukan Zonasi Kecamatan. Kami akan melakukan penyebaran informasi bahwa KBIH DT menerima pendaftaran bimbingan ibadah haji dari Kota/Kabupaten yang lain, karena kami akan memberangkatkan pendamping atau karom yang secara lokasi pun ada di kota atau kabupaten sekitar Bandung Raya,” katanya. 

Ustaz Mumuh menyebut, untuk menjawab kekhawatiran jamaah di Bandung Raya, pihaknya sudah merencanakan beberapa program untuk meningkatkan publikasi dan sosialisasi.  Salah satunya dengan membuka layanan konsultasi di setiap tausiah Aa Gym, baik di dalam, maupun di luar kota.

“Jadi bagi jamaah yang ingin ada nilai lebih, seperti mendapatkan tausiah Aa Gym. Kami siap melayani. Bahkan, ke depan kami akan mengadakan layanan konsultasi haji dan umroh di setiap kajian Aa Gym, baik saat di Bandung  maupun, di luar kota,” ungkapnya. (Elga)