Menilik Manfaat Olahraga di SMP DTBS Putra

Meningkatkan semangat belajar siswa atau santri bisa dengan berbagai hal, namun SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra memilih kegiatan olahraga. Selain karena pimpinan DT KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) giat mengkampanyekan pola hidup sehat, Dude Aminudin selaku Kepala Sekolah SMP DTBS Putra menyebut, aktivitas olahraga juga membantu para siswa untuk menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Karenanya, olahraga yang rutin mampu meningkatkan semangat belajar santri.

“Santri lebih sehat dan segar, tidak mengantuk dan bermalas-malasan di kelas. Paparan sinar matahari pagi juga baik, karena mengandung vitamin D. Kalau santri sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi mereka akan meningkat dan memudahkan mereka menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas,” katanya, Selasa (21/1).

Rutinitas yang dilakukan SMP DTBS Putra tersebut, kata Dude, bermanfaat pula dalam mengisi waktu santri. Olahraga, tuturnya, dapat mengurangi jumlah waktu yang biasanya digunakan untuk hal-hal yang tak bermanfaat, sehingga santri bisa memiliki jiwa disiplin.

Dude menyampaikan, rutinitas olahraga di lingkungan SMP DTBS Putra menjadi salah satu wujud nyata visi-misi internal untuk menciptakan generasi yang tangguh baik secara fisik maupun keimanan. Menurutnya, kesimbangan antara ketahanan fisik dan ilmu pengetahun mesti seimbang agar semangat santri dalam berkegiatan tetap terlaksana dengan baik.

“Olahraga itu bukan hanya untuk menyehatkan badan, tapi juga sebuah jembatan bagi kami untuk mewujudkan tujuan SMP DTBS Putra. DT sudah punya budaya dan ilmu agama. Kami lengkapi dengan pengetahuan umum dan aktivitas yang menunjang. Jadi semuanya berkorelasi. Mudah-mudahan ikhtiar ini bisa terbukti dan berjalan dengan baik, “ jelasnya.(Elga)