Pengembangan Dakwah Digital Melalui Peran Wakaf

Mengembangkan dakwah melalui platform media sosial yang ada memang diperlukan sebagai bentuk digitalisasi dakwah. Tren ini muncul bertepatan dengan lahirnya kesadaran manfaat dari media sosial tersebut. Ketua Nazir Daarut Tauhiid (DT) Gatot Kunta Kumara mengatakan, melalui lembaga wakaf yang ada di DT, program pengembangan digitalisasi dakwah dengan peran wakaf terus dikembangkan.

“Ini bagian dari dakwah, kemudian kita adalah lembaga dakwah, maka hari ini kita punya media sendiri. Kita punya alat untuk terus mengembangkan dakwah dan aspirasi itu diadopsi atau dikembangkan melalui lembaga wakaf dengan program wakaf media dakwah, yang pada akhirnya kesadaran dakwah sebagai jendela ilmu ini bisa bermanfaat untuk orang banyak,” ujarnya dihubungi via selular, Kamis (13/2).

Program wakaf media dakwah, kata Gatot, menjadi simbiosis mutualisme dakwah, yang mana masyarakat umum atau jamaah bisa meraih pahala yang terus mengalir dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk mendukung apa saja yang ada di program wakaf media dakwah.

“Bayangkan, dakwah untuk umum, tapi kami melalui lembaga wakaf menggiring dan menyadarkan bahwa dukungan terhadap dakwah bisa mendapatkan pahala yang terus mengalir dengan wakaf untuk media dakwah. Ini sebuah keterikatan, juga sebuah keterlibatan bersama mengawal perkembangan digitalisasi dakwah DT,” tuturnya.

Dengan pengembangan wakaf terhadap digitalisasi dakwah, Gatot mengatakan, ilmu yang dimiliki akan lebih bermanfaat untuk kemaslahan umat. Dakwah digital merupakan metode baru dalam berdakwah. Pada umumnya, dakwah dilakukan secara tatap muka langsung dalam sebuah acara pengajian dengan jumlah peserta yang terbatas. Dengan platform digital, dakwah bisa dilakukan lewat media sosial dengan gambar, audio, hingga audio visual sehingga cakupan penonton atau pendengar lebih luas.

“Biar kiai dan ustaz juga jamaah melek digital agar ilmunya semakin bermanfaat,” katanya.

Bagi jamaah yang ingin berwakaf untuk pengembangan dakwah DT bisa menghubungi call center wakaf di nomor (022) 200-6655, (+62) 085 200 123 123 atau berkunjung ke kantor wakaf di Jalan Gegerkalong Girang No. 67 Kota Bandung, Jawa Barat.(Elga)