Penting, Tips Bergaul Ala Aa Gym

Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan bergaul dengan manusia harus didasari keimanan serta keyakinan kepada Allah SWT. Hal tersebut disampaikan saat mengisi salah satu tausiah yang diunggah di kanal Youtube.

“Bergaul dengan sesama manusia, hablum minannas itu harus karena hablum minallah baru nyaman. Jadi ada hablum minallah, hubungan dengan Allah dan hablum minannas, hubungan dengan manusia. Nah, bergaul dengan manusia akan menyenangkan kalau karena urusan dengan Allah,” katanya, Rabu (5/8).

Aa Gym menyebutkan, karakter setiap manusia berbeda-beda khususnya penilaian terhadap kita. Oleh karenanya harus memiliki keterampilan untuk menyikapinya. Sebab, semua orang penilaiannya tidak bisa disamaratakan.

“Kita tidak bisa memukul rata sama. Contoh kita ingin disukai setiap orang, tidak mungkin karena Rasulullah saw orang yang paling mulia akhlaknya, paling mulia akhlaknya tetap saja ada yang tidak suka. Padahal tidak kurang sempurna itu akhlaknya. Apalagi kita,” tuturnya.

“Nah sikap apa pun dari orang lain, itu bisa bermanfaat kalau kita menyikapinya dengan tepat. Ada orang yang suka, ada orang yang netral ke kita,” tambahnya.

Untuk itu Aa Gym berpesan, jangan pernah membenci sesuatu secara berlebihan. Begitu juga sebaliknya, jangan sampai terlalu mencintai atau menyukai seseorang karena dikhawatirkan akan berujung kekecewaan.

“Makanya jangan suka sebel berlebihan, siapa tahu jodoh. Jangan terlalu suka berlebihan, siapa tahu suatu saat mengecewakan,” pungkas Aa Gym. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *