Ragam Produk Asuransi

Di Indonesia, beragam produk asuransi telah berkembang pesat. Pentingnya mengenal produk-produk asuransi akan memandu seseorang untuk tepat memilihnya. Apalagi setiap produk asuransi yang ditawarkan punya keunggulan masing-masing, tergantung kebutuhan dari calon pembeli asuransi.

Berikut ini beberapa produk asuransi yang lazim ditemukan di Indonesia, termasuk manfaat yang diberikan produk tersebut:

  1. Asuransi jiwa.

Kemastian itu pasti. Namun, banyak yang khawatir jika kematiannya membuat keluarga yang ditinggalkan menjadi menderita. Apalagi jika ia adalah kepala keluarga atau tulang punggung keluarga. Kematian tidak hanya membuat keluarga kehilangan sosoknya, tapi juga sumber pemasukan. Jadi, kematian punya resiko kerugian materiil bagi keluarga ditinggalkan.

Alasan inilah yang kemudian membuat banyak orang memilih asuransi jiwa, sebentuk pengalihan resiko jika kematian menimpanya. Jika seseorang meninggal dan telah memiliki polis asuransi jiwa atas namanya, maka keluarga atau ahli waris akan mendapat sejumlah nominal dari pihak asuransi.

  1. Asuransi kesehatan.

Selain asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga termasuk jenis atau produk asuransi yang banyak diminati. Di Indonesia, pemerintah bahkan mewajibkan rakyatnya untuk memiliki asuransi kesehatan melalui BPJS Kesehatan yang meng-cover biaya pengobatan ketika pemegang polis tersebut sakit.

Meski mayoritas rakyat di Indonesia memiliki asuransi kesehatan, tapi peminat asuransi kesehatan dari lembaga non pemerintah/perusahaan swasta tetap tinggi. Ini karena ada kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi swasta tersebut. Seperti proses klaim asuransi yang tidak berbelit-belit, atau jenis penyakit tertentu yang tidak ditanggung dalam BPJS kesehatan, tapi oleh perusahaan asuransi swasta termasuk yang ditanggung.

  1. Asuransi pendidikan.

Semakin tingginya biaya pendidikan dari tahun ke tahun, membuat banyak orang tua yang memilih asuransi pendidikan untuk buah hatinya. Dengan memiliki polis asuransi pendidikan, resiko tidak bisa memberikan pendidikan berkualitas bagi anak-anaknya karena faktor biaya, dapat dihindari.

  1. Asuransi rumah dan properti.

Rumah atau properti pribadi termasuk aset berharga. Setiap tahunnya akan terus mengalami kenaikan. Untuk itu, banyak yang memilih asuransi rumah dan properti miliknya dari resiko kerugian yang mungkin terjadi. Resiko itu bisa berupa kehilangan atau kerusakan barang-barang di dalam rumah, bisa juga resiko yang lebih fatal seperti kebakaran atau kerusakan karena bencana alam.

  1. Asuransi kendaraan.

Meski produk atau jenis asuransi ini tergolong tidak banyak peminatnya, tapi pernah pada suatu masa sangat diburu. Yakni pada masa reformasi atau pasca-kerusuhan Mei 1998. Karena situasi politik dan keamanan yang tidak menantu, banyak terjadi perusakan mobil atau kendaraan bermotor. Dengan memiliki polis asuransi kendaraan, kerusakan atas kendaran karena sebab kecelakaan atau sebab-sebab lainnya, akan diganti oleh pihak asuransi.

  1. Asuransi perjalanan.

Produk atau jenis asuransi ini menanggung segala bentuk resiko yang terjadi selama perjalanan pemegang polis hingga sampai di tempat tujuan. Jadi jangka waktunya sangat pendek. Khusus untuk asuransi perjalanan, biasanya jika orang orang tersebut menggunakan alat angkut publik (bus, kereta, kapal laut, atau kapal terbang), otomatis sudah membeli premi asuransi kendaraan yang digabung dengan biaya karcis/tiket perjalanan. (daaruttauhiid)

sumber foto: asuransime.com