SSG DT, Mitra Strategis Semua Lembaga

Unit strategis Santri Siap Guna (SSG) Daarut Tauhiid (DT) tidak hanya berguna bagi lingkungan internal saja. Kepala SSG DT Nurhadi Subroto (Eyang) mengatakan, SSG DT banyak berkontribusi bagi lembaga lain di luar DT, terutama dalam soal perbaikan diri atau meningkatkan spiritual seseorang. Hal ini, kata Eyang, merupakan buah dari keunikan SSG DT dibanding pusat pendidikan dan pelatihan lain.

“Kita pernah menangani banyak problem. Bukan hanya di lingkungan DT saja yang kita olah batinnya, ketaatannya, sampai pada sikap dan sifat, tapi desain Aa Gym ternyata membuka akses kita untuk berkontribusi di lembaga lain. Artinya, menjadi mitra untuk memecahkan masalah sumber daya manusia (SDM) di sana,” katanya, Selasa (21/1) 

Nilai-nilai SSG DT, lanjutnya, mampu menyentuh kalbu siapa pun yang dititipkan untuk dilatih di SSG DT. Eyang mengaku, beberapa masalah di lembaga lain di luar DT pernah ditangani, mulai dari institusi kepolisian, perbankan, sampai dinas-dinas pemerintah, baik provinsi atau luar daerah. 

“Kita pernah menangani anggota polisi yang bermasalah dari perilakunya. Kami diminta langsung melalui Aa Gym. Alhamdulilah, setelah ditempa, dikenalkan budaya DT dan nilai- nilai SSG DT, dia berubah. Kemudian, ada laporan dari lembaga terkait yang menyampaikan perkembangan anggotanya, kami terima dan peningkatannya bagus. Ini menjadi bukti bahwa kami mampu berkontribusi,” ujarnya. 

Tidak hanya dalam koridor pendidikan dan pelatihan, SSG DT, lanjutnya, memiliki fungsi mengawal dakwah yang ada di Indonesia terutama dakwah rahmatan lil ‘alamin yang kerap disampaikan Aa Gym. Selain itu, Eyang menyebut, SSG DT juga menjadi garda terdepan mengawal perubahan terkait isu nasional yang berkaitan dengan agama

“Masih ingat 212, kemudian 411? SSG DT dilibatkan tidak hanya mengawal isu, kami juga dilibatkan untuk menjadi koordinator pemberangkatan Jawa Barat, bahkan menjadi tim pembersih di DKI pada saat itu. Yang terpenting tiga nilai SSG DT, yakni pelopor, mandiri, dan berkhidmat. Sesuai dengan amanah, kami akan menerapkannya sekecil apapun itu,” tuturnya.(Elga)