Talkhsow Muslimah SMK DTBS Putri Berikan Banyak Edukasi

Setelah SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra sukses menggelar Seminar Multimedia pada Sabtu (11/01), para Siswi SMK DTBS Putri tak kalah siap mengadakan Talkshow Muslimah yang berjudul “The Real Moslema in Millenials”, pada Ahad (12/1) yang berlokasi di Dome Central 5.

Talkshow dibuka dengan penampilan drama teatrikal oleh santri Program Pesantren Mahasiswa (PPM) DT, bertema muslim yang ada di Palestina, Rohingya, dan Uyghur. Ribuan peserta seminar tampak terbawa suasana haru menyaksikan drama tersebut.

Nurul Sholeha, Penanggung Jawab Kegiatan mengatakan, selain memberikan edukasi tentang bagaimana menjadi muslimah di era millenial seperti sekarang ini, talkshow tersebut juga semakin menumbuhkan jiwa empati terhadap sesama muslim yang berada di daerah konflik.

“Selain menghadirkan para pemateri yang memiliki kelebihan di bidangnya masing-masing, yang diharapkan dapat membuka wawasaan untuk lebih menggali potensi yang ada di dalam diri masing-masing, kami juga ingin mengumpulkan dana dengan menghadirkan drama tentang kondisi yang saat ini terjadi pada muslim di Palestina, Rohingya, dan Uyghur. Dan, nantinya dana yang terkumpul akan didonasikan melalui DT Peduli,” katanya.

Pemateri pertama, yaitu Kartini F. Astuti penulis buku ‘Rahasia Agar Tak Mudah Dilupakan’, memberikan rumus empat ‘E’ dalam menemukan passion bagi generasi millenial. Selanjutnya Meyda Sefira, Aktris yang juga aktivis ini mengungkapkan bahwa wanita memiliki peran penting dalam sebuah peradaban.

“Setiap laki-laki dan wanita punya amanahnya masing-masing, punya kewajiban untuk bertakwa kepada Allah dengan cara masing-masing tanpa menyalahi kodratnya. Ketika terjadi suatu bencana misalnya, wanita bisa berperan menjadi tim relawan untuk bidang konsumsi, kesehatan, atau jika tidak bisa terjun secara langsung, kita bisa melakukan donasi. Apapun bagiannya, kita punya peran luar biasa, asal meningkatkan kualitas diri kita dengan mencari ilmu dan banyak berkontribusi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pemateri ketiga, yaitu dr. Shindy Kurnia Putri, adik dari Ustazah Okky Setiana Dewi ini menjelaskan tentang hal apa saja yang harus dilakukan oleh muslimah di era millenial dalam merawat diri.

“Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat tubuh adalah menjaga makanan yang dikonsumsi, seperti istilah ‘You are what you eat’ karena makanan yang kita makan dapat mengubah emosional. Selain dari makanan, yang paling penting adalah menjaga Qolbu atau hati, karena hati adalah penentu kesehatan. Jadi yang nomor satu harus dilakukan adalah menjaga kedekatan kita kepada Allah. Ketika kita yakin bahwa diri kita sudah dekat, maka Allah yang akan menjaga dan menguatkan diri kita,” tuturnya.(Fatimah)