Tryout SMK DTBS, Bukan Sekadar Simulasi Ujian Nasional

Pasca tryout yang dilaksanakan selama dua hari, pada 27 dan 28 Januari lalu, para santri SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) mulai berbenah guna mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional.

Kepala Sekolah SMK DTBS Abdul Rojak mengatakan, tryout yang dilaksanakan oleh santri merupakan sebuah cara meningkatkan kualitas pengetahuan dan mempermudah santri menghadapi Ujian Nasional nanti.

“Ini memang pasti lazim dilakukan oleh semua lembaga pendidikan.Selain meningkatkan pengetahuan, ini juga merupakan test sejauh mana santri SMK menguasai materi untuk menghadapi Ujian Nasional nanti,” katanya, Selasa (11/2).

Seluruh materi yang disiapkan pada tryout, katanya, merupakan akumulasi pelajaran dari kelas 10. Menurutnya, pengulangan mata pelajaran sangat penting untuk melihat tolak ukur kemampuan santri, terutama penguasaan materi dan daya ingat.

“Memang pelajarannya dari kelas 10, ada yang umum ada juga yang kejuruan. Ini menjadi media evaluasi santri, sejauh mana setiap santri mampu mengingat mata pelajaran, baik yang umum atau yang materi kejuruan,” ujarnya.

Selain menjadi evaluasi santri, tryout kali ini juga merupakan evaluasi bagi tenaga pengajar. Sebab, lanjutnya, tenaga pengajar atau guru, terutama wali kelas, bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan santri.

“Artinya, kalau santri memiliki kekurangan, kita tidak hanya evaluasi santri saja, tapi juga gurunya, karena mereka tahu perkembangan santri, dari hari ke hari, apalagi wali kelas, juga musrifnya kita evaluasi bersama. Bukan mengadili, tapi duduk bersama mencari cara berdasarkan laporan dari guru tentang santri yang tingkat belajarnya kurang,” tuturnya.(Elga)