Wujudkan Desa Tangguh, DT Peduli Kunjungi Bumi Inspirasi

Daarut Tauhiid (DT) Peduli terus mengembangkan usahanya dalam mewujudkan Program Desa Tangguh yang mandiri secara ekonomi. Salah satunya ialah berkunjung ke Base Camp Bumi Inspirasi, yang berlokasi di Jalan Cisitu Indah VI RT.01 RW.04 NO.188 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

“Kami ingin belajar banyak mengenai pengelolaan sampah yang sudah menjadi masalah dari dulu sampai sekarang, dan ingin mengaplikasikan konsep Bank Sampah ini di desa binaan, yaitu di Program Desa Tangguh,” kata Edwar Suhendar, Kepala Bagian Program DT Peduli, pada Rabu (27/11).

Bank Sampah yang dikelola oleh Bumi Inspirasi tersebut, telah memiliki 307 nasabah, yang secara berskala satu pekan sekali, atau setiap Hari Ahad, untuk melakukan penyetoran sampah.
Isti Kharani, salah seorang Pengelola Bank Sampah Bumi Inspirasi, menjelasakan bahwa sampah yang selama ini menjadi sumber masalah terbesar dan sulit teruraikan, kini kita merubahnya menjadi sumber penghasilan bagi warga, asal warganya mau peduli dengan sampah.

“Bank Sampah Bumi Inspirasi memiliki dampak positif bagi masyarakat, baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Adanya Bank Sampah, masyarakat menjadi lebih termotivasi untuk mengelola sampah dengan baik,” jelas Isti.

Edwar berharap mendapat ilmu dari Bumi Inspirasi, dand apat diterapakan di desa-desa binaan DT Peduli, yang tergabung dalam Program Desa Tangguh, dan untuk pengaplikasiaanya sangat diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dari warga dalam desa binaan tersebut dengan mengolah sampah menjadi sumber penghasilan tambhan.

“Kalau masyarakat sadar, sehingga sampah pun bisa menjadi uang dan hal tersebut bermanfaat untuk menambah pemasukan keluarga, serta membuat lingkungan sekitar menjadi bersih, dan terutama berkah bagi kita semua,” kata Isti. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *