‘YAC Berbagi’ Tumbuhkan Jiwa Sosial Santri SMK

Pasca diselenggarakannya Young Achievers and Care (YAC) 5 dalam rangka milad SMK  Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) ke-11 dengan tema ‘YAC Berbagi’, sivitas SMK DTBS Putri diharapkan mampu membangun jiwa sosial dan peduli antar sesama. Acara YAC Berbagi digelar di Daarul Hajj dan Dome Central 5, pada Senin (13/1)

Humas SMK DTBS Dede Indra mengatakan, tujuan kegiatan kemarin adalah santri SMK semakin tajam dalam membaca keadaan sosial. Menurutnya, sebagai santri DT yang dibekali Karakter Baik dan Kuat (Baku), kepekaan sosial menjadi salah satu bentuk nyata dan rasa syukur atas nikmat dari Allah Swt.

“Meningkatkan rasa kepedulian atas nama kemanusiaan itu menjadi hal yang penting. Bukan hanya adab serta perilaku yang jadi pertimbangan, tapi kepekaan sosial juga harus menjadi bekal bagi santri di kemudian hari. Meskipun kemarin hanya diskusi dan perayaan semata, saya harap esensinya tetap mereka dapatkan,” katanya, Selasa (14/1).

Dede menjelaskan, kegiatan YAC Berbagi pun merupakan salah satu  cara memanfaatkan waktu luang santri. Menurutnya, santri hidup dalam siklus yang terjadwal dan tidak leluasa bergaul dengan masyarakat luar. Dalam berbagai kasus, lanjutnya, pola semacam ini membentuk karakter santri, yang canggung bergaul.

“Kalau ditanya esensinya, luas. Di sana ada berbagi dengan sesama, membangun silaturahmi dan kekompakan, juga rasa tanggung jawab santri sebagai pemuda. Yang lebih pentingnya adalah membuka cakrawala santri. Karena siklus yang terjadwal, kami juga harus membuka lahan praktek tentang bagaimana hidup berdampingan. Karena mereka nanti akan kembali ke lingkaran masyarakat,” bebernya.

Dede berharap, YAC Berbagi berimbas tidak hanya untuk kebutuhan diri santri, namun juga berdampak pada lingkungan tempat santri berkhidmat.

“Saya harap, ketika santri memaknai esensi dari YAC Berbagi, lingkungan sekitarnya tertular dan melakukan hal yang sama. Jadi nilai dakwahnya terbangun,” bebernya. (Elga)