6 Kebiasaan Anak yang Harus Dibangun Sejak Dini

6 Kebiasaan Anak yang Harus Dibangun Sejak Dini

  1. Pola tidur berkualitas

Mengatur kebiasaan tidur yang baik dapat membantu anak untuk tumbuh sehat. Tidur lebih awal dapat membuat anak bisa bangun lebih awal, serta ia dapat merasakan udara pagi yang segar dan berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan Vitamin D.

Pola tidur yang berkualitas ini menjaga jam biologis di tubuh anak, sehingga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, mengontrol berat badan, meningkatkan daya pikir, meningkatkan daya ingat, membantu sistem pencernaan dan sirkulasi, serta memperbaiki suasana hati.

  1. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Anak yang sering sulit makan atau pilih-pilih makanan, akan cenderung lebih mudah sakit karena asupan gizi yang kurang seimbang. Untuk menghindarinya, maka perlu ajarkan anak kebiasaan untuk megikuti pola makan sehat sejak kecil. Serta anak bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal dengan asupan gizi seimbang yang menunjang kesehatan dan kekebalan tubuhnya.

  1. Membaca buku

Buku adalah jendela dunia. Maka, penting membiasakan membaca atau bermain dengan buku sejak dini kepada anak. Sebab, membaca buku bukan hanya untuk wawasan dan pengetahuan, tapi juga melatih kemampuan komunikasi anak di era digital saat ini.

Dengan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini, anak nantinya akan memiliki hobi membaca hingga usianya dewasa. Kebiasaan membaca juga dapat mengembangkan imajinasi anak, yang membantu anak menjalani masa akademis dan mendukung proses belajarnya.

  1. Menjaga kebersihan dan kerapihan

Membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat tidur, dan menaruh baju kotor pada keranjang cuci. Selain itu, ajak anak untuk menyimpan sepatu dan sandal yang telah dipakai dengan rapih, dan tidak menaruhnya di sembarang tempat.

Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan membuat anak menjadi lebih produktif, rapih, dan peduli pada kebersihan. Tentunya dengan menerapkan kebiasaan ini, anak nantinya akan memiliki gaya hidup yang bersih dan sehat.

  1. Berbagi

Kebiasaan berbagi adalah salah satu cara membangun karakter seorang anak agar tumbuh menjadi pribadi yang peduli, peka, dan bertanggungjawab. Memilik jiwa sosial yang tinggi senang membantu orang lain.  Menumbuhkan jiwa sosial merupakan hal penting untuk diajarkan pada mereka. Pada dasarnya jiwa sosial sangat dibutuhkan oleh anak sejak dini agar menjadi bekal saat ia berada di masyarakat luas.

  1. Belajar moral dan budi pekerti

Mengajarkan anak tentang moral dan budi pekerti baik dilakukan agar ia memiliki kepribadian dan karakter yang positif. Mengajarkan tentang moral ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, seperti storytelling dengan media boneka, robot-robotan, atau diambil dari buku cerita, dan berbagai kegiatan positif lainnya. (Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *