Aa Gym: Mualaf Dapat Hak dari Zakat

Pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, dalam tausiahnya yang diunggah di akun Youtube miliknya, mengingatkan muslim agar tak lupa menyalurkan zakat pada mualaf.

Mualaf merupakan salah satu golongan mustahik zakat. “Mualaf mendapat hak dari zakat dan tidak boleh diremehkan hak mualaf ini,” kata Aa Gym, Senin (11/5). Aa Gym menekankan mualaf adalah amanah bagi Umat Islam. Mualaf kerap mengalami pengusiran dari keluarga ketika berpindah keyakinan. Mualaf perlu dukungan muslim untuk dapat bertahan hidup, khususnya jika tak punya tempat bernaung dan penghasilan.

“Mereka (mualaf) banyak sekali kesulitan, sehingga kita harus ambil bagian dalam meringankan kesulitannya bentuk apapun. Setidaknya perhatian, doa atau harta dan ilmu agar mereka bisa mencari penghasilan,” ujar Aa Gym.

Aa Gym menuturkan mualaf memiliki keutaman ketika mendapat hidayah yaitu semua dosanya dihapuskan. Mualaf juga tidak punya catatan baik. “Ketika baru memulai beragama Islam maka dari nol. Ini merupakan karunia mualaf,” sebut ulama berdarah sunda tersebut. Aa Gym juga mengutip surat At-Taubah ayat ke 60 tentang bagian mualaf sebagai penerima zakat (mustahik).

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana”. (Elga)

Foto: Ilustrasi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *