“Hijrah di saat Wabah”, DKM DT Jakarta Launching Program Pesantren Muslimah Virtual

Jakarta – DKM DT Jakarta belum lama ini mengadakan Live Webinar dalam rangka launching program Pesantren Muslimah Virtual dengan tema “Momentum Hijrah di saat Wabah”. Webinar yang terbuka umum untuk para muslimah ini dihadiri oleh Ustadzah Erika Suryani Dewi, Lc. sebagai pemateri yang diselenggarakan pada hari, Sabtu (7/08/2021).

Sebagaimana dengan tema, Ustadzah Erika memaparkan tentang esensi hijrah saat ini. Berbeda dengan hijrah di masa Rasulullah yang bermakna perpindahan secara fisik dari satu tempat ke tempat lain, hijrah juga bisa bermaka perubahan. Perubahan akhlak dari yang buruk menjadi baik serta peningkatan kualitas ibadah dan tauhiid.

“Adalah mu’min yang merugi yang melalui harinya dalam kondisi stagnan ibadahnya, tidak ada perbaikan apapun dalam iman, amal dan akhlaknya. Salah satu bentuk peningkatan tauhiid adalah dengan menjadi hamba Allah yang lebih ikhlas dan ridha atas takdir dan ketetapan-Nya. Termasuk ridha akan ujian wabah saat ini dengan segala dampaknya. Lalu bagaimana bentuk hijrah di saat wabah?”, pesan Erika dalam tausiyahnya.

Di antara banyak ujian yang Allah berikan di masa wabah ini, tentu banyak pula hikmah jika kita mau mengambilnya. Diantara hikmah yang ada yakni memanfaatkan waktu yang lebih banyak di rumah untuk memperbaiki diri.

Mungkin selama masa normal, kita disibukkan dengan aktivitas di luar rumah, sehingga tidak sempat untuk memperbaiki kualitas maupun kuantitas ibadah kita. Saat ini, dimana waktu kita lebih banyak di rumah menjadi kesempatan untuk memperbaiki sholat, memperbanyak tilawah dan ibadah sunnah lainnya.

Begitu pula dengan meningkatkan keilmuan. Jika di masa normal, menuntut ilmu terbatas akan waktu dan jarak, di masa wabah ini, menuntut ilmu bisa diakses lebih mudah dengan tetap di rumah saja. Banyak sarana yang bisa digunakan untuk menuntut ilmu dari beragam sumber melalui media daring.

Hal ini pula yang diangkat melalui program Pesantren Muslimah Virtual. Program ini mengajak para peserta untuk tetap bisa merasakan menjadi santri secara virtual.

Program yang dikhususkan untuk para muslimah ini, mengangkat tiga tema utama dalam pembelajarannya yaitu, tentang akhlak sebagai muslimah, fiqh ibadah dan muslimah akhir zaman.

Program Pesantren Muslimah merupakan program dari Masjid DT Jakarta yang didukung oleh DT Peduli, Mukena Tazbiya dan Asuransi Bumida Syariah. InsyaAllah akan dimulai pada tanggal 30 Agustus s/d 24 September sebanyak 12 x pertemuan materi dan juga ada sesi mentoring yang akan didampingi oleh para fasilitator. (Iyiz)

 

Red: WIN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *