Istiqamah Membaca Quran, Ketua Yayasan DT: Itu Kewajiban Setiap Muslim

“Hanya kepada Allah tempat kita berlindung. Namun, kita juga diberikan al-Quran sebagai petunjuk kehidupan. Sehingga, jika kita beribadah dengan benar dan membaca al-Quran sebagai cahaya dalam menjalani hidup, insya Allah akan terasa efeknya kepada kita,” ujar Gatot Kunta Kumara dalam acara Beranda Inspirasi, Rabu (9/12) yang disiarkan oleh MQTV.

Gatot yang merupakan Ketua Yayasan Daarut Tauhiid (DT) ini menganalogikan al-Quran sebagaimana buku petunjuk penggunaan alat elektronik (manual book). Setiap hal akan dijelaskan fungsi dan kegunaannya, sehingga tidak salah dalam mengaplikasikannya.

“Benda saja diberikan petunjuk kegunaannya, apalagi manusia. Petunjuk dalam hidup yang diwarisi dari Nabi Muhammad adalah al-Quran dan Sunnah (hadis). Jika kita tidak benar mengaplikasikannya, maka akan tersesat sehingga perlu dijaga agar selalu istiqamah membacanya,” ujar Gatot.

Gatot juga menjelaskan bahwa santri yang berada di DT, harus seimbang dalam urusan dunia dan akhirat. Menurutnya, jika dalam bekerja bisa profesional begitu juga dalam hal ibadah. Al-Quran bukan sekadar bacaan dalam waktu sengang, melainkan harus menjadi rutinitas.

“Membaca, menghafalkan, dan mengamalkan ayat al-Quran adalah keharusan untuk dilakukan setiap muslim,” ujarnya.

Gatot mengungkapkan manfaat dari istiqamah atau rutin mebaca Quran. “Jika kita istiqamah membaca Quran, hati tenang serta akan merasakan ketenteraman. Inspirasi atau ide dalam berkarya pun akan muncul. Memang masalah tetap ada, tapi setidaknya membuat hati tenang dan jernih berpikir ketika mengambil keputusan,” pungkasnya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *