Peran Lansos DT Peduli Bantu Kebutuhan Mendesak Warga Dhuafa

Setiap harinya, Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhiid (DT) Peduli melayani masyarakat, khususnya mereka yang dhuafa. Biasanya, mereka datang langsung ke Kantor DT Peduli di Jalan Gegerkalong Girang, No. 32 Kota Bandung, sekitar 10 meter dari arah Masjid DT.

“Kami setiap harinya melayani masyarakat yang dalam keadaan mendesak, dan kebutuhan lainnya,” terang Yani, Staff Lansos (Layanan Sosial) DT Peduli, pada Senin (13/5).

Ia pun mengungkapkan keprihatinannya pada masyarakat yang menyalahgunakan bantuan dari DT Peduli. Misalnya, melakukan pemalsuan data demi mendapatkan santunan. “Seharusnya bantuan ini digunakan bukan untuk jadi malas dalam berikhtiar. Walaupun demikian kami tetap melakukan evaluasi, memberikan arahan, sedikit motivasi , dan pengawasan yang ketat terhadap masyarakat yang berbuat demikian, demi mendapatkan santunan,” paparnya.

Ruang lingkup bantuan yang dapat diberikan melalui Lansos DT Peduli, ialah bantuan yang sifatnya darurat mengenai kebutuhan dasar, pendidikan, perjakanan pulang, proposal bakti sosial, dan mualaf yang belum enal bulan masuk Islam.

“Kami bersyukur bisa membantu masyarakat. Walau demikian, kami juga berupaya tidak ingin dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang hanya ingin mengambil keuntungannya saja. Oleh karena itu, ada beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dibawa oleh pemohon agar kami bisa membantunya secara maksimal,” jelasnya. (Toni Antonius)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *