Peristiwa Penting Bulan Syawal

Dalam sejarah Islam tercatat ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Syawal. Diantaranya adalah banyak terjadi perang pada bulan Syawal dimasa perjuangan dan awal penyebaran Islam.

Pertama, peristiwa Perang Uhud yang terjadi pada tanggal 15 Syawal Tahun 3 Hijriah atau tepatnya tiga tahun setelah Nabi Muhammad melaksanakan hijrah. Sebanyak kurang lebih 700 pasukan Islam melawan pasukan kafir yang berjumlah kurang lebih 3000 pasukan. Perang Uhud juga merupakan perang kedua yang dilakukan oleh kaum Muslimin setelah sebelumnya melakukan perang Badar. 

Dalam peristiwa perang ini pasukan Islam sempat memenangkan peperangan, tetapi karna ketidak patuhan beberapa pasukan, khususnya pasukan pemanah yang saat itu Rasul memerintahkan agar tidak turun dari bukit kecuali atas perintah Rasul. Tetapi karena para pasukan pemanah tergiur melihat ghanimah atau harta rampasan perang milik pasukan musyrik yang telah dipukul mundur, akhirnya pasukan pemanah pun turun untuk mengambil ghanimah, dan akhirnya Khalid ibn Walid pemimpin pasukan Musyrik melihat peluang untuk memutari bukit dan menyerang balik pasukan Islam yang akhirnya menyebabkan pasukan Islam kalah.

Hal ini menyebabkan Hamzah bin Abdul Muthalib dan beberapa pasukan yang lain gugur dalam perang Uhud. Bahkan Rasul pun sampai terluka cukup parah akibat balasan tersebut. Maka peristiwa Perang Uhud menjadi sejarah penting bagi Umat Islam sampai saat ini.

Kedua, terjadi peristiwa Perang Bani Qainuqa yang terjadi pada bulan Syawal tahun kedua hijriah. Pada saat itu umat Islam menghadapi fitnah yang luar biasa dari kaum Yahudi. Atas kejahatan dan pengkhianatan itulah Rasulullah memutuskan untuk mengusir kaum Yahudi dari kota Madinah dan beliau langsung yang memimpin pasukan Muslim untuk menghalau kaum Yahudi keluar dari Madinah. Atas sejarah penghianatan pada masa itu, sampai saat ini kita bisa menyaksikan bagaimana sikap bangsa Yahudi terhadap Islam, yang saat ini terjadi penjajahan terhadap tanah suci Palestina oleh bangsa Yahudi.

Ketiga, Perang Khandaq yang terjadi pada bulan Syawal tahun kelima setelah hijrah. Perang Khandaq ini merupakan salah satu perang yang cukup terkenal sampai saat ini. Karena dalam Perang Khandaq strategi yang digunakan dicetuskan oleh seorang Persia Muslim yang bernama Salman Al Farisi. Saat itu Salman mengusulkan agar membuat parit yang lebar dan panjang untuk menghalau pasukan kafir yang akhirnya dengan strategi perang ini pasukan kafir mengalami kekalahan setelah diterjang oleh angin puyuh karena terlalu lama berada di luar parit.

Keempat, adalah peristiwa yang tidak kalah penting juga yaitu pernikahan Nabi Muhammad sallahu ‘alaihi wasallam dengan Ummul Mu’minin, ‘Aisyah. Dimana salah satu alasan Nabi menikahi ‘Aisyah karena pada masa itu dikalangan bangsa quraisy terdapat pemahaman bahwa bulan Syawal adalah bulan kesialan, karena di bulan itu unta-unta betina tidak mau dikawini oleh unta jantan. Maka untuk mematahkan pemahaman itulah Nabi menikahi Sayyidah ‘Aisyah. Bahkan pada bulan Syawal juga Nabi menikahi Sayyidah Ummu Salamah.

Kelima, kejadian lainnya yang patut dicatat adalah kelahiran salah satu tokoh bersejarah juga yaitu Imam Bukhari. Beliau dilahirkan pada bulan Syawal tahun 194 Hijriyah. Sepanjang hayatnya beliau amat berjasa dalam merealisasikan kumpulan hadits-hadits. Karyanya, Shahih al-Bukhari, masih menjadi rujukan utama hingga saat ini. Uniknya, guru Imam Muslim ini juga wafat pada bulan Syawal, tepatnya di malam Idul Fitri 256 Hijrah. (Wahid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *