Saya Aman Bagimu

Sahabat yang baik, kita harus jaga pandangan, ini penting sekali. Selain jaga pandangan dari aurat lawan jenis, kita pun harus menjaga pandangan kita dari keburukan orang lain.

Kita tidak boleh membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan diri kita. Ingat prinsip 3 Sa. Di antaranya adalah Saya Aman Bagimu.

Jangan sampai kita celetak celetuk, apalagi lirikan mata kita menyakiti orang lain. Kalau kita bertemu dengan orang yang Allah berikan kekhususan tertentu, lalu kita sibuk saja melihat kekurangannya, maka hal ini akan menyakiti hati orang tersebut.

Kalau kita bertemu dengan hamba Allah lainnya, jangan suka memperhatikan rumahnya. Kalau pintu rumahnya terbuka, jangan ingin melihat isinya, karena ada saja orang yang bertamu tapi ingin segala diketahui isinya. Kita harus benar-benar menghargai dan menghormati tuan rumah.

Selain harus menjaga pandangan, kita juga harus menghindari perilaku berbisik-bisik. Contoh ketika kita berada di supermarket, lalu kita bertemu dengan orang yang Allah berikan kekhususan tertentu, kemudian kita berbisik-bisik sambil melihat orang tersebut, itu sangat tidak sopan sekali, dalam adab islam pun tidak pantas hal seperti itu dilakukan kepada siapapun.

Karena sesungguhnya, tubuh orang yang Allah berikan kekhususan, menjadi tanda-tanda kebesaran Alloh, Alloh menguji orang tersebut dan menguji kita, apakah kita membantunya, adil dan bijaksana terhadapnya?

Sahabat, akhlak pertama yang harus kita miliki adalah membuat orang lain nyaman dengan kita, baik dengan pandangan maupun bisikan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,
“Seorang muslim adalah di mana orang lain selamat dari lisan dan kekuasaannya.”

Kita harus menjaga lisan dan perbuatan kita dari orang lain, agar orang tersebut merasa nyaman dengan kita.

Kedzoliman ini harus kita hindari dari segala makhluk, baik sesama manusia, maupun binatang dan tumbuhan. Kita harus berhati-hati, dari pandangan, lisan, gerak-gerik dan hal-hal lain yang membuat orang lain tidak nyaman.

Masya Allah. Semoga Allah menolong kita agar menjadi hamba yang aman dan nyaman untuk sesama. Aamiin.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *