Taman Kenjeran, Dulu Kumuh Kini Ciamik

Surabaya. Siapa yang tak kenal kota ini? Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya pun tergolong kota metropolis, nomer dua terbesar di Indonesia setelah Jakarta. Tapi, untuk urusan wisata, Surabaya termasuk tertinggal. Banyak tempat wisata yang tak terurus bahkan terlupakan. Salah satunya adalah Taman Kenjeran (Kenpark).

Surabaya sebagai Kota Destinasi Wisata

Memang, beberapa dekade lalu, perkembangan pariwisata di Surabaya cenderung tidak sepesat kota-kota lainnya di Indonesia. Nyaris tak ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain museum kapal pesiar di dekat Stasiun Gubeng, Surabaya boleh dikatakan tak lagi memiliki tempat-tempat wisata yang kinclong dan memukau banyak orang untuk berduyun-duyun mengunjunginya.

Tidak mengherankan jika kota ini tak ada dalam daftar top ten destinasi wisata paling oke di Indonesia. Surabaya kalah bersaing dengan kota-kota seperti Bali, Lombok, atau Bandung, yang dikenal sebagai tujuan wisata terkemuka di Indonesia.

Eits…, tapi itu dulu. Beberapa tahun belakangan ini, Surabaya mulai berbenah. Mulai banyak bermunculan tempat-tempat wisata yang tak hanya memanjakan mata dengan keindahannya, tapi juga pengalaman menarik yang akan sulit dilupakan. Kenpark adalah bukti nyata dari upaya tak kenal lelah pemerintah Kota Surabaya bersama warganya untuk menjadikan kota ini ramah bagi wisatawan.

Berawal dari Suramadu

Ada yang unik dari tempat wisata Kenpark. Sebagaimana telah diceritakan di awal tulisan ini, Kenpark bukanlah tempat wisata baru. Taman yang juga memiliki kawasan berpantai (Pantai Kenjeran) tersebut telah dibuka untuk umum sejak tahun 1947. Wow! Jika dihitung usianya nyaris menyamai usia Republik ini berdiri.

Namun, karena faktor pengelolaan yang tidak maksimal, Kenpark berubah menjadi tempat wisata ecek-ecek (kumuh). Meskipun masih sering dikunjungi, tapi pengunjungnya didominasi remaja-remaja tanggung yang menjadikan Kenpark sebagai tempat tongkrongannya. Tidak jarang kenakalan remaja kerap terjadi di tempat ini, seperti vandalisme (perusakan) khas remaja, tempat mesum atau berbuat asusila, hingga hal-hal kriminal serius lainnya (tawuran dan pembunuhan).

Untunglah, pengelola Kenpark menyadarinya dan berupaya mengikis citra negatif yang kadung melekat di tempat wisata tersebut. Apalagi kehadiran Jembatan Suramadu yang dibangun tidak jauh dari kawasan Kenpark, mendatangkan berkah tersendiri bagi tempat wisata ini. Jempatan yang kini menjadi salah satu ikon Kota Surabaya tersebut, tidak hanya menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura, tapi juga menjadi magnet yang menarik banyak orang untuk mengunjunginya.

Kenpark pun menerima imbas hal positif tersebut. Ibarat perempuan yang sudah menua dan mulai lapuk dimakan usia, kehadiran Jembatan Suramadu memberi nafas baru bagi Kenpark. Mengubahnya jadi perempuan muda yang berparas ayu dan memikat banyak jejaka mendekatinya.

Jika awalnya Kenpark dipandang sebelah mata sebagai kawasan wisata yang kumuh dan terlupakan, kini tak lagi seperti itu. Beragam fasilitas wisata level dunia telah dibangun, memanjakan siapa saja yang mengunjunginya. Promosi di berbagai media pun genjar dilakukan. Hasilnya, Kenpark jadi tujuan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Karenanya, tak lengkap jika mengunjungi Jembatan Suramadu tanpa menyempatkan singgah dan menikmati keindahan tempat wisata yang telah terlahir kembali ini.

Sensasi Seru di Taman Kenjeran

Lalu, apa saja fasilitas wisata yang kini ditawarkan oleh Kenpark? Selain keasrian kawasan pertamanan dan pantai yang jadi ciri khas dari Kenpark, tempat wisata ini juga menawarkan dua wahana baru yang luar biasa memikat, yakni Waterpark dan Atlantis Land. Waterpark di Taman Kenjeran dijamin tidak kalah seru dengan taman rekreasi air ternama lainnya di Indonesia. Sensasi seru yang dirasakan ketika bermain di Waterpark Ancol, atau di Waterboom Lippo Cikarang, juga serupa dialami di tempat ini.

Ada pun wahana Atlantis Land di Kenpark, kini jadi primadona banyak orang. Wahana yang baru dibangun akhir tahun 2017 tersebut, sukses menyedot perhatian. Tidak hanya menyuguhkan banyak spot foto menarik, bangunan-bangunan yang dibangun seluas 15 hektar tersebut menawarkan pengalaman unik. Pengunjung seakan dibawa ke Universal Studio di Singapura, atau Disneyland di Amrik, hingga Magic Kingdom Lego Land yang dikenal sebagai salah satu themepark level dunia. Amazing bukan?!

Beragam fasilitas pendukung seperti pusat jajanan khas Surabaya, sarana olahraga indoor, museum, hingga berbagai tempat pertunjukan seni ada di sini. Lengkap sudah daya pikat Atlantis Land sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan dan pengalaman luar biasa.

Keciamikan Taman Kenjeran kiranya tidak hanya berhenti di mata, tapi juga di kantong. Maksudnya, tidak hanya indah dan seru, berkunjung ke Kenpark ternyata tidak mengeluarkan banyak biaya. Cukup bermodalkan uang Rp.15.000, pengunjung sudah bisa memasuki kawasan Kenpark. Jika ingin bermain di wahana waterparknya, Rp.10.000 untuk hari biasa, dan Rp.15.000 untuk weekend.

Sedangkan jika ingin memasuki wahana Atlantis Land, siapkan uang senilai Rp.125.000 untuk dewasa, dan Rp.100.000 untuk anak-anak. Harga tiket Atlatis Land ini terhitung sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket tempat wisata yang serupa, misalnya di Dufan Ancol, atau tempat-tempat lain yang rata-rata tiket masuknya bisa Rp.200.000-an ke atas.

So, masih bingung jika ke Surabaya akan berwisata ke mana? Taman Kenjeran adalah penjawab rasa bingung itu. Dijamin tak akan menyesal. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *